Image

Teror Bom Bisa Kurangi Turis 1 Juta Orang

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 15:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 320 1899003 teror-bom-bisa-kurangi-turis-1-juta-orang-JsEtP2JTVm.jpg wisatawan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rentetan serangan teror bom yang tengah terjadi di Indonesia membuat beberapa negara telah mengeluarkan saran perjalanan (travel advisory) untuk warganya yang berada atau akan berkunjung ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan, sebanyak 12 negara sudah mengeluarkan travel advisory. Diantaranya yakni negara Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, Malaysia, dan Hong Kong.

Ledakan Bom di Rusunawa Wonocolo Sidoarjo 3 Orang Tewas

Menurutnya, dampak teror bom bisa terjadi pengurangan jumlah wisatawan mancanegara (wisman). Seperti yang terjadi di Bali saat erupsi Gunung Agung, di mana sepanjang 2017 terjadi penurunan 1 juta wisman.

Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolrestabes Surabaya, Ada Anggota Polisi Jadi Korban

"Bisa jadi, seperti tahun lalu (di Bali 1 juta wisman)," kata dia saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Dia menjelaskan, saat itu Bali dalam peringatan travel warning satu tingkat lebih tinggi dari travel advisory, akibat sudah meletusnya Gunung Agung. Sedangkan, dalam teror bom ini masih dalam peringatan dini saja.

Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolrestabes Surabaya, Ada Anggota Polisi Jadi Korban

"Kasus Bali pada waktu itu 1 juta setahun, sekarang (dalam kasus teror bom) dalam hal peringatan lebih ringan, kita harapkan kondisinya bisa segera teratasi, umumnya setelah teratasi bisa kembali normal," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini