Image

Pertamina Impor Elpiji untuk Cukupi Kebutuhan Selama Ramadan dan Lebaran

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 17:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 320 1899069 pertamina-impor-elpiji-untuk-cukupi-kebutuhan-selama-ramadan-dan-lebaran-FU08Ojl5DY.jpg Elpiji 3 Kg (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melakukan penambahan impor elpiji untuk mencukupi lonjakan kebutuhan menjelang Ramadan dan Lebaran 2018. Diprediksikan kebutuhan gas elpiji menuju hari raya Idul Fitri naik 4% dibandingkan normalnya.

Vice Presiden Gas Domestik Pertamina Kusnendar mengatakan, impor sudah dilakukan perseroan beberapa bulan lalu. Keputusan tersebut dilakukan karena bila melihat data kebutuhan elpiji selama Ramadan dan Lebaran tahun lalu ada kenaikan sekira 2,7%.

Pasokan Gas Elpiji Seluruh Indonesia Dipastikan Aman

"Kenaikan hampir 3% tahun lalu, tapi tahun ini kita naikkan jadi 4%. Melebihi dari sudah-sudah. Tahun lalu itu sekitar 2,7%. Peaknya itu kurang lebih 17%, tidak seperti BBM, khususnya Pertamax. Elpiji tahun-tahun lalu itu 13%," ujarnya, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Untuk mencukupi kebutuhan yang melonjak tersebut pengadaan impor sudah dilakukan sebanyak satu sampai dua kargo saja. Hal ini sebagai tahapan pengamanan kebutuhan selama Lebaran.

Operasi Pasar Elpiji 3 Kg Terkait Kelangkaan dan Kenaikan Harga di Tingkat Pengecer

"Antisipasi H-7 sebelum lebaran kenaikan bisa 17%. Jadi agen yang PSO 258, non PSO 516, pangkalan sendiri 31.612 siaga untuk siap sedia selama Lebaran," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra mengatakan, ketersediaan stok saat ini sudah lebih dari cukup. Seperti ELPIJI ketersediaannya cukup sampai 17 hari.

"Ini kan biasanya rata-rata stok nasional sebesar 11 hari. Jadi tak perlu khawatir untuk hadapi nanti," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini