Image

Diputuskan Hari Ini, BI Naikkan Suku Bunga Acuan?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 07:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 20 1899263 diputuskan-hari-ini-bi-naikkan-suku-bunga-acuan-2P4Ie0XAk8.jpg Foto: Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) hari ini akan mengumumkan salah satu kebijakan moneter yakni suku bunga acuan atau 7 Days Reverse Repo Rate (7-Days Repo Rate). BI akan mengumumkan keputusan mereka untuk menahan, menurunkan atau menaikkan suku bunga acuannya.

Penetapan suku hunga acuan ini merupakan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG). Pada bulan Maret ini RDG BI berlangsung sejak 16-17 Mei 2018.

Sebelumnya, pada RDG bulan lalu yang berlangsung 18-19 April 2018, BI memutuskan untuk mempertahankan 7-Day Reverse Repo Rate di level 4,25%.

 Kartu Berlogo GPN Terobosan Hilangkan Fragmentasi Layanan Perbankan Retail

Adapun pada kebijakan sebelumnya, BI terapkan suku bunga Deposit Facility (DF) tetap pada level 3,5% dan Lending Facility (LF) pada level 5% yang berlaku efektif sejak 20 April 2018.

Untuk diketahui, sejak awal 2016 hingga saat Bank Sentral telah menurunkan 7-Days Repo Rate secara bertahap hingga 200 basis points (bps). BI juga telah menahan suku bunga acuannya di level 4,25% terus-menerus sejak Oktober 2017 hingga April 2018, atau 7 bulan berturut-turut.

Pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang tertekan dalam beberapa minggu terakhir hingga ke level Rp14.000 per USD, membuat pasar menanti BI menaikkan suku bunga acuan.

Dody Budi Waluyo Resmi Jabat Deputi Gubernur BI Gantikan Perry Warjiyo

Sebab, kenaikan suku bunga acuan dinilai menjadi satu-satunya cara menekan pelemahan Rupiah saat ini. Dengan kebijakan ini, mata uang Garuda dinilai akan menguat dan menekan arus keluar dana asing (capital outflow) dari pasar keuangan Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo pun telah memberikan sinyal kenaikan suku bunga acuan. Bila depresiasi terus berlanjut hingga berpotensi menghambat pencapaian sasaran inflasi dan menganggu stabilitas sistem keuangan, maka BI tidak menutup adanya ruang bagi penyesuaian suku bunga acuan.

"Kebijakan penyesuaian BI 7-Days Repo Rate tentunya akan dilakukan secara berhati-hati, terukur, dan bersifat data dependence, mengacu pada perkembangan data terkini maupun perkiraan ke depan," ujar Agus dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis 26 April 2018.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini