Image

Agus Marto: BI Siap Lakukan Penyesuaian Suku Bunga Bila Diperlukan Lagi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 21:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 20 1899630 agus-marto-bi-siap-lakukan-penyesuaian-suku-bunga-bila-diperlukan-lagi-cx8DOiP7su.jpg Gubernur BI Agus Martowardojo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah menaikkan BI-7 Days Reverse Repo Rate (7 Days Repo Rate) sebesar 25 basis points (bps) menjadi 4,50%. Pengetatan moneter ini dilakukan untuk menahan depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang menembus level Rp14.000 per USD, serta stabilitas perekonomian dalam negeri.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoo menyatakan, Bank Sentral siap melanjutkan kebijakan menaikkan suku bunga acuan bila memang diperlukan ke depannya.

"Kami sampaikan kalau seandainya sudah keluar seperti ini, kondisi mengharuskan kami kembali penyesuaian policy rate, kami tidak ragu untuk lakukan," ujar dia dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Agus Martowardojo Diperiksa Terkait Kasus Dugaan Korupsi Proyek e-KTP

Dia mengatakan, BI akan terus memantau kondisi pasar keuangan Indonesia serta memonitor perkembangan ekonomi Indonesia. Sehingga, dalam kebijakan ke depan BI bisa menempuh langkah yang lebih kuat untuk stabilitas, yakni penyesuaian suku bunga acuan.

"Kondisi rebalancing yang terjadi tentu akan kita pantau. Kebijakan termasuk sesuaikan policy rate itu untuk yakinkan inflasi dan sistem keuangan terjaga," katanya.

Agus Martowardojo Diperiksa Terkait Kasus Dugaan Korupsi Proyek e-KTP

Agus menyatakan, saat ini memang tren negara-negara maju menaikkan suku bunga acuannya, sehingga era suku bunga tinggi memang sudah dimulai. Setidaknya, Amerika Serikat diprediksi masih akan melanjutkan suku bunga acuan sebanyak 2 kali pada tahun ini.

"Kita melihat bahwa negara-negara maju itu sudah akan kembali kepada normalisasi kebijakan moneternya. Sehingga era bunga yang lebih tinggi akan mulai terealisasi secara bertahap," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini