nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI: Kenaikan Suku Bunga Acuan Pengaruhi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 21:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 20 1899635 bi-kenaikan-suku-bunga-acuan-pengaruhi-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-CJilY595dx.jpg Bank Indonesia. Foto: Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan kenaikan bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) menjadi 4,5% akan mempengaruhi proyeksi pertumbuhan ekonomi. Potensi pertumbuhan ekonomi di 2018 akan terjadi sedikit (slightly) penurunan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan, meski terjadi penurunan sedikit, Bank Sentral tetap melihat pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,1%-5,5% yoy.

Jempol 2 Dody Budi Waluyo Usai Dilantik Jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia

"Kami masih tetap menghitung pertumbuhan 5,1%-5,5%, mungkin hanya slightly turun dari angka proyeksi kita sebelum ada perubahan policy rate," katanya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tahun akan didorong tingginya investasi khususnya di sektor swasta nonbangunan. Selain itu, didorong konsumsi rumah tangga dengan adanya gelaran Asian Games dan belanja pemerintah karena penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Jempol 2 Dody Budi Waluyo Usai Dilantik Jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia

"Dua komponen tadi mendorong permintaan domestik. Tentunya akan berkonsekuensi meningkatkan impor khususnya barang modal dan impor barang konsumsi, ini nanti punya pengaruh akhirnya terhadap net ekspor kita dan kepada transaksi berjalan," jelasnya.

Adapun, kenaikan suku bunga acuan sebesar 25 bps diakui untuk menahan depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang menembus level Rp14.000 per USD, serta stabilitas perekonomian dalam negeri.

 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini