Image

13 BUMN Bersinergi, Menteri Rini Sindir Perusahaan Semen Jangan Urusin Pelabuhan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 13:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 320 1899405 13-bumn-bersinergi-menteri-rini-sindir-perusahaan-semen-jangan-urusin-pelabuhan-fUMEZvPxHL.jpg Foto: Menteri BUMN Rini Soemarno (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini kembali melakukan sinergi untuk mengembangkan masing-masing lini bisnisnya. Tak tanggung-tanggung ada sekitar 13 perusahaan BUMN yang melakukan sinergi pada pagi hari ini.

Ketiga belas perusahaan BUMN tersebut yakni, PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), PT Pelindo IV (Persero), Perum Jamkrindo dan PT Indonesia Natour (Persero).

Sinergi ketiga belas tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada pagi ini. Penandatanganan sendiri disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

 Gelar Operasi Bersih-Bersih, Rini Soemarno Naik Perahu Karet Susuri Sungai Ciliwung

Adapun rincian sinergi yang dilakukan adalah antar PT Semen Indonesia, PT Semen Baturaja Raja bersama BUMN Karya dan Pelabuhan adalah untuk penyediaan semen, produk turunan dan jasa lainya untuk pembangunan jalan tol dan pelabuhan. Sedangkan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BUMN Karya dengan Hotel Indonesia Natour adalah untuk revitalisasi Hotel Grand Inna Bali Beach.

Sementara itu sinergi yang dilakukan antara BUMN Karya dengan Pelindo II adalah kerjasama untuk pembangunan Pelabuhan Kijing. Lalu yang terakhir adalah kerjasama tentangan Suretyship antara PT Semen Baturaja dengan Jamkrindo.

Menteri Rini mengaku bangga dan bahagia, karena BUMN kembali menunjukan kekompakannya dalam mendukung lini usaha masing masing perusahaan negara dengan melakukan sinergi. Artinya, kebersamaan yang dibangun oleh perusahaan negara tersebut sangat tinggi sekali untuk memajukan Indonesia.

"Saya bangga dan senang pada hari ini terbukti semangat kerjanya sama kita bisa tandatangan berbagai macam perjanjian kerjasama yang itu membuktikan sinergitas tinggi," ujarnya saat ditemui usai melakukan penandatanganan nota kesepamahaman di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

 Permudah Akses Masyarakat, BUMN Bersinergi Membangun Jembatan di Lebak Banten

Apalagi lanjut Rini, dirinya selalu menekankan sinergitas dan mengesampingkan egonya masing masing dalam mengembangkan usahanya. Karena dengan dilakukan secara bersama-sama maka efisiensi biaya akan lebih maksimal dibandingkan jika harus dikerjakan sendiri.

"Waktu saya dilaporkan pak Ahmad Bambang saya senang sekali, tentu sinergi ini memang saya tekankan dari awal. Jadi pak AB saya laporkan ke saya kaget dan senang, ternyata semua sekarang kok sudah sinergi, betul terbuka untuk bagaimana meningkatkan efisiensi," jelasnya.

Rini juga berpendapat jika sinergi yang dilakukan oleh perusahaan plat merah, bisa lebih mengoptimalisasi lagi aset-aset dan juga modal negara. Apalagi di tengah persaingan industri yang semakin ketat.

"Sinergi ini pada akhir itu dan optimasi dari aset negara dari modal negara. Ini menurut saya perlu tekankan, mungkin ini karena semangat saya sinergi, itu iya. Tapi saya sadar satu hal, tidak terlepas dari beberapa bapak-bapak yang tadinya kurang semangat sinergi sekarang sadar bahwa kompetisi makin berat. Apalagi bagian semen," ucapnya.

Rini juga berharap agar sinergi tersebut bisa diimplementasikan di lapangan dan bukan hanya wacana saja. Jangan sampai antar satu perusahaan dengan yang lainnya justru hanya menguntungkan dirinya sendiri tanpa mementingkan orang lain.

"Kita sebagai BUMN adalah agen pembangunan, fungsi lain untuk cari untung. Jadi saya senang sekali terutama Pelindo dengan Semen. Semen enggak usah urusin pelabuhan, pelabuhan biar diurus Pelindo yang sudah mampu melakukan jasa pelabuhan makin baik," jelasnya

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini