Image

Pemerintah Putuskan Tidak Ada Perubahan Harga Pokok Produksi Gula

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 20:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 320 1899608 pemerintah-putuskan-tidak-ada-perubahan-harga-pokok-produksi-gula-4OsdDUXK3c.jpeg Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan (Foto: Feby/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menggelar rapat koordinasi (rakor) terkai harga pokok produksi (HPP) gula. Diputuskan untuk tidak ada perubahan HPP di level Rp9.700 meski terjadi gula internasional mengalami penurunan.

Target Produksi Gula Nasional

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, harga internasional turun dari USD350 menjadi USD303. Dengan penurunan harga tersebut maka tidak mungkin dilakukan perubahan apalagi menaikkan HPP gula saat ini.

Petani Tebu Tuntut Harga Eceran Tertinggi Gula

"Jadi HPP tetap. Pokoknya menugaskan Bulog (beli) dengan harga Rp9.700. Jadi sebetulnya kan enggak ada perubahan," ujarnya, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Sebenarnya, kata Oke, ada permintaan kenaikan HPP. Namun dengan mempertimbangkan banyak hal maka tidak ada perubahan.

Target Swasembada Gula Tahun 2019

"ini membahas tentang tadi ada permintaan kenaikan tapi dari sisi lain-lain kok enggak menunjang jadi ada inefisiensi. Makanya ini ada inefisiensi yang harus dibahas lagi," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini