Image

Kementerian PUPR Siapkan 3 Jalan 'Tikus' saat Mudik Lebaran

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 14:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899861 kementerian-pupr-siapkan-3-jalan-tikus-saat-mudik-lebaran-pHvhGDMlU7.jpg Foto: PUPR Siapkan Jalan Alternatif (Feby/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siapkan tiga lintas jalan selain tol sebagai alternatif untuk dilalui selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengatakan, pada tahun ini Kementerian PUPR memperkenalkan tiga lintasan untuk mudik dan balik Lebaran. Pertama lintas utara, kedua lintas tengah dan ketiga lintas selatan.

"Untuk lintas selatan panjang total 1.045 km, ini lintas jalur wisata sekalian kembangkan daerah wisata sepanjang jalur ini. Jadi bisa mudik sekalian wisata," katanya di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Secara keseluruhan kesiapan tiga lintasan tersebut sudah siap dilalui. "2018 kondisi jalannya lebih baik dan mantab dengan kesiapan tim lebih kompak," ujarnya.

Namun demikian, kata Arie, bagi para calon pemudik harap memperhatikan titik rawan atau kritis. Salah satunya di jalan tol pada ruas Kertosuro. "Jadi perlu kehati-hatian dia pakai jalur sementara," ujarnya.

Di samping itu, untuk jalan tol juga sudah siap dari Jakarta-Surabaya terus sampai ke Pasuruan. Hanya saja ada beberapa titik fungsional, seperti lima ruas tol di Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo mulai dari Salatiga-Kertosuro, Sragen-Ngawi.

 

Sementara itu untuk ruas Sumatera, Arie menerangkan bahwa jalan naisonal yang sudah disiapkan utamanya di lintas timur Bakauheni-Aceh. Sedangkan untuk jalan tol di Sumatera untuk yang fungisonal sepanjang 125 km di wilayah Medan, Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Simpang Susun Permata-Kota baru dan Palembang.

"Untuk tol yang operaisonal di Sumatera ada 119 km. Hal menarik seksi I Medan-Kualanamu akan dioperasikan, ini sudah lama dan ditunggu masyarakat di sana," tuturnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini