nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran 2018, Tol Kartasura Jadi Titik Kritis yang Perlu Diwaspadai

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 15:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899898 mudik-lebaran-2018-tol-kartasura-jadi-titik-kritis-yang-perlu-diwaspadai-iWN1xa5QaQ.jpg Foto: Jalan Tol Ngawi (Antara)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan secara kualitas jalan baik nasional dan tol mantap untuk dilalui saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Namun demikian tetap ada beberapa ruas tol yang menjadi perhatian utamanya masih fungsional.

Kementerian PUPR mencatat ada lima tol di Trans Jawa yang masih difungsikan secara fungsional yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo mulai dari Salatiga-Kartasura, Sragen-Ngawi.

Dari kelima tol fungsional tersebut ada satu titik rawan atau kritis yang wajib diperhatikan para calon pemudik yakni Tol Salatiga-Kartasura. Titik tersebut rawan karena ada pembangunan jembatan yang belum selesai.

 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi menerangkan, di Kartasura ada jembatan di Kali Kenteng yang belum jadi. Sehingga bagi pemudik akan diarahkan lewat disamping jalan ke arah timur atau samping kiri.

"Kemudian saat lewat di bawah jembatan kemudian naik (masuk lagi ke jalan Tol Kartasura) di samping kanan di Kali Kenteng tersebut," ujarnya, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Sebagai antisipasinya, jalan melewati jembatan dilakukan pengerasan menggunakan beton sehingga lebih istilahnya kongkrit line. Kemudian grid pertahankan supaya saat menanjak masuk ke Tol Kartasura tidak terlalu curam sehingga aman untuk pengguna jalan.

"Kemudian underpass Karang Sawah dia belum bisa digunakan, tapi itu tidak ganggu trafik karena dibangun di sisi luar jalur utamanya sendiri. Tapi kami koordinasi dengan korlantas supaya atur arus di sana karena perlintasan sebidang dengan kereta api, jadi supaya semua tertib ikuti alur," tuturnya.

 Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

Dengan kondisi tersebut, Kementerian PUPR tentu mengimbau pemudik supaya hati-hati saat melalui jalan tersebut.

"Harap memperhatikan titik rawan atau kritis. Salah satunya di jalan tol pada ruas Kartasura. Perlu kehati-hatian dia pakai jalur sementara," ujarnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini