Image

100% E-Toll, BPJT Operasikan 120 Mobile Reader saat Mudik Lebaran

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 16:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899900 100-e-toll-bpjt-operasikan-120-mobile-reader-saat-mudik-lebaran-qJ93AQdRTJ.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Mudik Lebaran kali ini rasanya berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Pemudik sekarang sudah 100% menggunakan uang elektronik (e-toll) saat bertransaksi di gerbang tol (GT).

Untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan e-toll saat arus mudik dan balik Lebaran. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bakal menyediakan mobile reader di setiap pintul tol.

"Antisipasi antrian di gerbang akan dilakukan mobile reader bergerak. Jadi cara ini antrian diurai ada 120 mobile reader di gardu padat," ujar Kepala BPJT Herry TZ di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

 

Selain langkah tersebut, BPJT sudah mengkordinasikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memaksimalkan pembukaan gerbang tol.

"Jadi saat arus mudik pintu tol yang dibuka lebih banyak, begitu sebaliknya saat arus balik," jelasnya.

Berkaitan persiapan mudik, kata Herry seluruh persiapan sudah dilakukan dengan mengantisipasi waktu Lebaran yang kali ini mudik dan balik realtif menyebar karena libur panjang.

"Puncaknya terjadi pada tanggal 8 Juni, puncak balik 20 Juni dan 24 Juni. Ini variasi tergantung libur dan animo pemudik, harapannya waktu lebih panjang terjadi sebaran," tuturnya.

 

Sebagai antisipasi saat mudik, BPJT sudah menghimbau kepada BUJT untuk menghentikan semua pekerjaan proyek di tol pada H-10 dan H+10 Lebaran. Hal tersebut guna mengantisipasi kemacetan dan antrian di pintul tol.

"Jalur fungsional 2018 diharapkan jalan tol sendiri bisa fungsional sampai Pasuruan dan ke arah Malang ke Purwodadi. Ada dilakukan betul dan fungsional dengan rambu marka, pembantas samping," ujarnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini