Image

Tol Jakarta-Surabaya Bisa Dilalui, Pemudik Diminta Jangan Ngebut

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 17:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899954 tol-jakarta-surabaya-bisa-dilalui-pemudik-diminta-jangan-ngebut-paVSv9qpKe.jpg Jalan tol. Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa jalur Tol Jakarta-Surabaya sudah bisa dilalui. Untuk jalan tol yang sudah operasi ada 524 kilometer (km) sedangkan fungsional sepanjang 235 km.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi mengatakan, masyarakat jangan terlalu euforia atau semangat dengan dioperasikannya jalur Tol Jakarta-Surabaya ini. Meskipun jalan tol relatif lebih bagus dan walaupun ada yang fungsional tetap harus hati-hati.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

"Jangan euforia sehingga melaju dengan kecepatan tinggi. Ini kan hal baru menerus sampai Surabaya," ujarnya, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Selain itu, panjangnya Tol Jakarta-Surabaya pasti menguras daya tahan yang cukup banyak. Untuk itu, Arie menghimbau supaya pemudik istirahat dengan cukup.

"Harus kewaspadaan tinggi. Berikutnya periksa kondisi kendaraan dengan baik, karena kalau mogok di jalur fungsional sangat mengganggu, karena di beberapa fungsional satu arah dua lajur, kita seret. Jadi hati-hati mengenai hal ini," tuturnya.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

Sementara itu, bagi pemudik yang menggunakan jalan nasional, PUPR pastikan kondisi sudah jauh lebih baik. Hanya saja tetap harus hati-hati karena lalu lintas paling banyak roda dua.

Di sisi lain, Arie mengatakan, pemudik juga harus tahu beberapa titik kemacetan yang masih belum bisa dipecahkan seperti di Nagreng dan Limbangan. Oleh karena itu, ada jalur selatan-selatan seperti lewat Cilacap, menelurusi Pelabuhan Ratu, Bandung untuk bisa dilalui.

"Buat yang ingin ke Jaarta bisa masuk lewat Sukabumi, di sana fungsionalkan seksi I tol Bocimi, jadi Bogor-Cigombong, jadi masuk ke Tol Jago Rawi," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini