nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Tol Fungsional Trans Jawa Dioperasikan 24 Jam saat Mudik Lebaran

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 17:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899975 jalan-tol-fungsional-trans-jawa-dioperasikan-24-jam-saat-mudik-lebaran-lW5zeryOQp.jpeg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat tol fungsional di Trans Jawa yang akan digunakan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini sepanjang 235 kilometer (km). Pengoperasian tol fungsional tersebut bakal dilakukan selama 24 jam.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi mengatakan, untuk Trans Jawa ada lima tol yang masih difungsikan secara fungsional yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo mulai dari Salatiga-Kertosuro, hingga Sragen-Ngawi.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

"Jalan tol fungsional ini akan dioperasikan kapan? Kami sepakat jalan tol harus bisa digunakan siang dan malam. Namun pengaturan lebih lanjut kita serahkan kepada Kakorlantas," ujarnya, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Guna bisa digunakan selama 24 jam, Arie mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengerjakan lampu, marka jalan dan lainnya.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

"Kita usahakan supaya jalan tersebut aman digunakan malam hari. Jadi akan dipasang rambu-rambu yang jelas, supaya tau mana batas jalannya," tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, hubungan antara jalan tol dan nasional diserahkan langsung ke Korlantas. Hal ini supaya bisa mengurai kemacetan.

"Kepada Korlantas untuk mengatur, biasanya tidak teratur di titik keluar, dan menimbulkan kemacetan, jadi kita minta pengaturan," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini