nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Tidak Didiskon Saat Puncak Arus Mudik, Cek Tanggalnya!

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 18:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899987 tarif-tol-tidak-didiskon-saat-puncak-arus-mudik-cek-tanggalnya-3bnzbHuXiv.jpg Jalan tol. Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berinisiatif untuk memberikan diskon tarif selama arus mudik dan balik Lebaran 2018. Diskon yang diperkirakan 10% tersebut bakal diarahkan tidak pada puncak mudik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Herry TZ mengatakan, diskon tarif diproyeksikan tidak akan menambah volume kendaraan melalui tol saat arus mudik atau balik Lebaran. Pasalnya, setiap orang sudah memiliki pilihan moda mudik yang sudah ditentukan jauh-jauh hari.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

"Ini hanya bersifat empati dari para badan usaha dalam rangka pelaksanaan hari raya," ujarnya, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Dia melanjutkan, pemberian diskon ini pun akan diarahkan supaya menarik minat pemudik pada waktu tertentu. Misalnya, pada puncak mudik diprediksikan terjadi pada tanggal 8 Juni, sedangkan puncak balik pada 20 Juni dan 24 Juni 2018, diskon tidak akan diberikan.

"Untuk dorong pola pergerakan tadi diskon nya diharapkan dilakukan bukan pada hari puncak," tuturnya.

Tol Pejagan-Pemalang Bersiap Sambut Arus Mudik Lebaran 2018

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tadi telah dilakukan rapat antara BUJT dengan Bina Marga untuk menetapkan diskon tarif tol. Hasil keputusannya pun akan berlaku di seluruh ruas tol termasuk Jabodetabek dan Tol Trans Non Jawa.

"Tadi pak Dirjen Bina Marga baru lapor sedikit hasil rapat dengan BUJT. Jadi berlakunya rata rata diskonnya 10%," tuturnya.

Basuki menegaskan, BUJT hampir rata-rata sepakat untuk memberikan diskon 10%. Hanya saja, kapan diberikannya masih dalam tahap diskusi lebih lanjut.

"Kapannya? kalau itu kita libur dari tanggal 11 itu sampai selesai libur. Tapi ada yang H-2 sampai h-2 itu tergantung mereka sendiri. Nanti tinggal saya buat SK. Itu semua BUJT," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini