nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Undang BI Hingga Kemendag Bahas Lanjutan Aturan E-Commerce

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 18:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1899992 menko-darmin-undang-bi-hingga-kemendag-bahas-lanjutan-aturan-e-commerce-KtqfeD5AbS.jpg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi di kantornya. Adapun agenda pada agenda rapat kali ini adalah membahas mengenai Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai transaksi e-commerce.

Dalam rapat tersebut turut hadir perwakilan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen Dagri) Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti dan Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat-alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Harjanto

Ditemui usai rapat, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution pembahasan mengenai RPP e-commerce masih akan terus dibahas. Pasalnya pada rapat ada beberapa usulan sebelum betul-betul ditetapkan.

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum

"(Pembahasan) masih berlangsung. Tadi itu ada beberapa usulan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Sementara itu, Dirjen Dagri Kemendag Tjahja Widayanti mengatakan, rapat tentang transaksi e-commerce pada hari ini adalah untuk melakukan percepatan kepada RPP-nya. Seperti diketahui, RPP mengenai perdagangan elektronik atau (e-commerce) belum juga rampung sejak pertama kali di uji coba pada tahun 2015.

"Kita masih bahas (RPP E-commerce)," ujarnya.

Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum

Dalam rapat tersebut lanjut Tjahja, dibahas juga mengenai substansi pada RPP tersebut. Selain itu, dibahas juga mengenai data-data agar perlindungan hingga pengawasan kepada konsumen agar lebih terjamin.

"Enggak gitu. Tapi bahas substansinya aja jadi bukan exactly level playing field tapi apa yang ada di dalam RPP itu ini sudah diakomodir semua atau belum yang sudah dibahas,"jelasnya

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan rapat koordinasi pada hari ini adalah sebagai wadah untuk memfinalkan tentang RLL transaksi pembayaran mengenangnya kan sistem elektronik. Tentunya hal tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai pihak.

"Ini adalah tahapan memfinalkan tentang RPP transaksi pembayaran menggunakan sistem elektronik. Ini sangat baik, itu bagaimana transaksi e-commerce itu kita masukkan ke situ," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini