Image

Menteri Amran Siapkan Rp2 Triliun untuk Berikan 10 Juta Ayam ke Petani

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 19:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1900000 menteri-amran-siapkan-rp2-triliun-untuk-berikan-10-juta-ayam-ke-petani-toysFvc79X.jpeg Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA – Kementerian Pertanian mencanangkan program bagi-bagi ayam kampung kepada petani guna meningkatkan kesejahteraan mereka. Sebanyak 10 juta ayam kampung akan dibagikan secara bertahap oleh Kementerian Pertanian.

Tak tanggung-tanggung, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut, anggarannya mencapai Rp2 triliun.

“Untuk sektor pertanian, pendekatan yang kami lakukan sekarang adalah untuk kesejahteraan,” ujarnya di Toko Tani Indonesia (TTI) Center, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Amran menjelaskan, setiap rumah tangga akan mendapatkan 50 ekor ayam. Selanjutnya, Kementerian Pertanian akan mengawal perkembangan dari program bagi ayam kampung ini.

Audiensi MNC Pahlawan untuk Indonesia Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman

“Kita kawal sampai bertelur, nanti bisa bertelur setiap hari selama dua hingga tiga tahun. Jadi bisa menghasilkan kira-kira Rp2,2 juta hingga Rp2,5 juta per bulan,” kata dia.

Dengan program tersebut, Amran mengharapkan petani yang masih berada di bawah garis kemiskinan dapat naik derajat selama enam bulan atau selambat-lambatnya satu tahun sejak eksekusi program.

“Proteinnya meningkat, pendapatannya meningkat, stunting bisa dikurangi, gizi buruk bisa dikurangi,” ujar dia.

Sekadar informasi, program bagi ayam kampung ini sudah mulai dijalankan. Pada April lalu, Menteri Amran melakukan kunjungan kerja ke desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Menteri Amran membagikan bantuan ternak dan tanaman kepada 60 Kepala Keluarga (KK) di Desa Cikancana.

Audiensi MNC Pahlawan untuk Indonesia Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Dari 60 rumah tangga penerima bantuan, 40 rumah tangga mendapatkan Ayam sebanyak 50 ekor per rumah tangga. Sementara 20 rumah tangga lainnya, mendapatkan bantuan berupa domba dan kambing.

Selain itu, Amran juga memberikan bantuan berupa 100 batang bibit jeruk, 106 batang bibit durian, 60 batang bibit pepaya, 250 pot sayuran dalam polybag, 1 kg (untuk 5 ha) benih cabai besar dan cabai rawit, 0,75 kg (untuk 1 ha) mentimun, 4 kg (untuk 0,75 ha) bayam, dan benih cabai 8 tray dan 200 polybag.

Bantuan juga meliputi 4 ha kawasan cabai berupa benih, pupuk, mulsa, cultivator 1 ha, dan handspraye 1 buah, serta kawasan pisang untuk 1 ha.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini