nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perketat Keamanan Stasiun Kereta, Kemenhub Kaji Pemasangan X Ray

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 21:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1900079 perketat-keamanan-stasiun-kereta-kemenhub-kaji-pemasangan-x-ray-HRhPtmhWmI.jpg Kereta Api (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan mengkaji rencana pemasangan mesin x-ray dan metal detector di stasiun kereta api besar yang melayani kereta jarak jauh.

Saat ini di stasiun kereta api besar untuk perjalanan luar kota belum memiliki alat pemeriksaan barang bawaan penumpang seperti mesin X Ray atau metal detector.

Melihat Suasana di Dalam Rangkaian Baru KA Argo Parahyangan di Stasiun Bandung

"Saya berpikir tidak hanya X Ray saja, tetapi juga pakai metal detector," ujar Budi Karya Budi Karya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Dia menjelaskan, upaya pemasangan alat ini untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang di setiap stasiun kereta, terlebih jelang musim mudik Lebaran 2018.

Pengaman mudik saat ini, lanjutnya, sudah dilakukan dengan sejumlah cara, baik itu preventif atau pencegahan dan pengawasan.

Melihat Suasana di Dalam Rangkaian Baru KA Argo Parahyangan di Stasiun Bandung

"Semuanya akan kita ketatkan, misalnya di bandara itu akan diperiksa dua kali. Saya senang jika kolaborasi Polisi dan TNI sudah berjalan baik, karena powernya akan lebih bagus," jelasnya.

Adapun saat ini di stasiun besar seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara dan Tugu Yogyakarta belum memiliki mesin X Ray atau metal detector.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini