nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Tol Semarang Bakal Diberlakukan Pembayaran Satu Tarif

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 20 Mei 2018 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 20 320 1900418 jalan-tol-semarang-bakal-diberlakukan-pembayaran-satu-tarif-py2D5Q6vtz.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Jasa Marga(Persero) Tbk dalam waktu dekat akan memberlakukan sistem satu tarif di Jalan Tol Semarang. Hal berdasarkan instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang minta diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang.

AVP Corporate Comunication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, ada tiga ruas yang nantinya akan dikenakan satu tarif di Jalan Tol Semarang tersebut. Ketiga ruas itu yakni Ruas Jatingaleh-Krapyak (Seksi A), Ruas Jatingaleh-Srondol (Seksi B) dan Ruas Jatingaleh-Kaligawe (Seksi C).

“Jalan Tol Semarang A-B-C saat ini dioperasikan dengan sistem transaksi terbuka dengan 3 wilayah pentarifan yakni, Ruas Jatingaleh-Krapyak [Seksi A], Ruas Jatingaleh-Srondol [Seksi B] dan Ruas Jatingaleh-Kaligawe [Seksi C],” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (20/5/2018)

Baca Juga: Sri Mulyani Masih Kaji Insentif bagi Badan Usaha Jalan Tol

Tol Brebes Timur-Pemalang Mulai Dioperasikan H-15 Lebaran, Tarifnya Rp37.000

Heru menambahkan, pemberlakuan satu tarif tersebut dilakukan dalam rangkan memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna. Karena dengan adanya kebijakan ini, diharapakan para pengguna bisa lebih dimudahkan lagi.

“Pemberlakuan pentarifan merata segera diimplementasikan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol,” ucapnya.

Heru menjelaskan, saat ini pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan lintas seksi harus melakukan 2 kali transaksi. Pengguna harus membayar pada saat akan memasuki jalan tol (on ramp pay) dan pada saat akan keluar dari jalan tol (off ramp pay).

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Malang-Pandaan Dikebut

Sistem Ganjil-Genap Kendaraan Pribadi Akan Diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek

Artinya dengan adanya perubaha sistem oentarifan tersebut, cukup melakukan pembayaran tol satu kali saja. Yakni pada saat memasuki jalan tol saha (on ramp pay)

“Dengan mengurangi titik transaksi yang semula dua kali transaksi menjadi satu kali transaksi, diharapkan dapat berdampak terhadap efisiensi waktu tempuh bagi pengguna jalan,” jelasnya. (Gir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini