Bisnis Cetak Foto Digital Ternyata Tidak Sulit, Berikut Tipsnya

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2018 18:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 26 320 1903112 bisnis-cetak-foto-digital-ternyata-tidak-sulit-berikut-tipsnya-1K3LfI1GWh.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dokumentasi sebuah kegiatan atau momen istimewa pastilah sangat diperlukan. Apalagi jika yang ingin diabadikan adalah saat-saat yang tak ingin terlupakan seperti momen pernikahan, wisuda, pesta ulang tahun, dan sebagainya. Momen ini akan senantiasa ingin dikenang seumur hidup. Dokumentasi diperlukan untuk membuat peristiwa istimewa tersebut bisa tersimpan.

Kebutuhan dokumentasi tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang sangat prospek. Salah satunya dengan membuka studio cetak foto digital. Meski sudah banyak orang yang memulainya, namun pasarnya masih cukup besar. Banyaknya studio foto digital yang telah berdiri justru bisa dijadikan tantangan untuk lebih kreatif dan inovatif mengembangkan usaha.

Ketika Puluhan Kamera Tertuju pada Bos Facebook Mark Zuckerberg

Melansir buku 10 Bisnis Paling prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila, berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha:

1. Kemampuan menguasai ilmu bisnis fotografi, desain foto, pengetahuan tentang komputer, dan sebagainya. Pengetahuan ini bisa dimiliki dengan mengikuti kursus atau belajar secara mandiri. Tersedia banyak bahan belajar di internet yang bisa kita peroleh secara gratis. Kunci penguasaan ilmu ini mau mencoba dan jangan takut gagal.

2. Mempunyai alat-alat yang menunjang, seperti komputer, camera digital, dan alat-alat lainnya.

3. Siapkan SDM yang handal sekaligus cakap melayani pelanggan. Di awal-awal usaha perlu ada pengawasan yang lebih intensif agar para karyawan tahu pasti apa yang kita harapkan dari bisnis ini.

4. Melakukan promosi ke masyarakat. Promosi bisa dilakukan dengan beriklan di media cetak, menyebar brosur, atau memanfaatkan jaringan pertemanan.

5. Memiliki referensi-referensi terkini mengenai fotografi. Referensi ini bisa berupa buku petunjuk atau artikel-artikel di internet.

Punya Resolusi 45,7 Megapiksel, Ini Penampakan Kamera Full Frame Nikon D850

Sementara itu, berikut tips menjalankan usahanya:

1. Adakan pekan diskon pada awal pembukaan studio dan juga diskon pada bulan-bulan tertentu untuk mendongkrak penjualan.

2. Buatlah kartu nama untuk kemudahan komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

3. Buat papan nama studio foto di depan usaha Anda yang menarik dan mudah diingat. Nama juga menjadi hal penting yang akan meningkatkan brand, misalnya:Abadi Foto.

4. Sediakan layanan ekstra, seperti diskon untuk order cetakan foto dalam jumlah besar, pelayanan yang cepat, dan berkualitas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini