Ingin Coba Bisnis Pembuatan Software? Lakukan 5 Langkah Ini

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 27 Mei 2018 05:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 26 320 1903122 ingin-coba-bisnis-pembuatan-software-lakukan-5-langkah-ini-7I91OrlJsH.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pasar bisnis ini adalah perusahaan-perusahaan yang relatif besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Software-software ini dibutuhkan sebagai sarana untuk kelancaran proses kerja perusahaan atau instansi tersebut. Kebutuhan tersebut menjadi kesempatan untuk mendirikan usaha jasa bidang information Technology. Produknya tentu saja software. Sarananya lebih komersial kepada perusahaan-perusahaan yang lebih besar dan instansi pemerintah. Harga sebuah software konon bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung kerumitan dan cakupannya. Sebuah bisnis yang sangta menjanjikan tentu saja.

Software yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah di antaranya, software akuntansi dan keuangan, penjualan dan pembelian barang, pencatatan dan pengendalian persediaan, atau pencatatan dan penyusutan aset.

Kekurangan Fasilitas Komputer, Siswa Terpaksa Memakai Laptop Pinjaman untuk Mengikuti UNBK

Melansir buku 10 Bisnis Paling prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila, berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha:

1. Menguasai ilmu di bidang teknologi informasi baik software maupun hardware-nya. Pengetahuan mengenai program komputer yang berkaitan dengan teknologi informasi. Semakin banyak program komputer yang dikuasai semakin baik. Pengetahuian ini harus terus di update karena perkembangan ilmu ini demikian cepat. Jika tidak mengikuti perkembangan tersebut otomatis bisnis ini, cepat atau lambat akan gulung tikar, kalah bersaing dengan perusahaan lain.

2. Peralatan yang dibutuhkan tentu saja harus yang berkualitas tinggi. Laptop dengan kualifikasi lengkap yang sudah ter-install aplikasi yang menunjang.

Kekurangan Fasilitas Komputer, Siswa Terpaksa Memakai Laptop Pinjaman untuk Mengikuti UNBK

3. Menentukan konsumen sebagai target pasarnya. Sebagai awalnya Anda bisa menawarkan jasa untuk personel (bukan perusahaan atau instansi pemerintahan), tentu dengan harga yang terjangkau. Jika sudah terbiasa menangani di skop personal, barulah mulai menawarkan ke perusahaan atau instansi pemerintah.

4. Carilah informasi harga standar sebuah software agar Anda bisa menentukan harga software buatan Anda. Hal ini perlu dilakukan agar harga yang kita patok tidak terlalu mahal atau murah.

5. Berlatih dan terus berlatih. Sebab keterampilan ini membutuhkan kejelian dan ketekunan tingkat tinggi. Semakin banyak software yang telah kita buat semakin terasah kemampuan kita.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini