nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Lokasi Penukaran Uang Receh Lebaran 2018 Area Jabodetabek

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 12:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 02 320 1905665 daftar-lokasi-penukaran-uang-receh-lebaran-2018-area-jabodetabek-eelpFAM8l5.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kebutuhan uang tunai jelang lebaran setiap tahunnya mengalami tren kenaikan. Untuk itu Bank Indonesia pada tahun ini sudah berkoordinasi dengan beberapa Lembaga perbankan untuk menyediakan layanan penukaran uang tunai pecahan kecil bagi masyarakat.

Nah, bagi Anda yang ingin memberikan uang bagi sanak saudara, momentum ini dapat dijadikan bagi Anda untuk mengumpulkan uang pecahan kecil untuk Lebaran nanti. Program penukaran uang kecil ini tidak dipungut biaya apapun. Adapun lokasi untuk penukaran uang pecahan kecil antara lain.

1. Lapangan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monumen Nasional (Monas). Disini Anda akan dilayani melalui mobil kas keliling mulai tanggal 14 Mei sampai 25 Mei 2018.

2. Jaringan kantor perbankan dari 15 bank yang berpartisipasi mulai tanggal 21 Mei sampai dengan 5 Juni 2018.

3. Museum Bank Indonesia (BI), lewat mobil kas keliling mulai tanggal 24 Mei sampai dengan 8 Juni 2018

Nah, untuk jaringan perbankan, Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek dapat segera mulai menukarkannya di kantor cabang bank yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Berikut 15 bank yang berpartisipasi dalam program penukaran uang pecahan kecil.

Bank Mandiri

BUMN pelat merah ini menyiapkan uang tunai senilai Rp57,26 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai jelang dan pasca lebaran. Jumlah tersebut setara dengan Rp1,9 triliun triliun per hari.

Catatan saja, alokasi uang tunai harian tersebut meningkat 90% dari alokasi dana harian yang disiapkan secara normal. Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga bakal meningkatkan ketersediaan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari, dari sekitar Rp 900 miliar per hari.

Dari jumlah tersebut sekitar 40%-nya akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, sementara 60% lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta Surabaya dan Bali.

Bank BCA

Salah satu bank yang masuk 4 bank besar di Indonesia itu juga bisa menjadi rujukan Anda untuk menukarkan uang pecahan kecil untuk Lebaran nanti. Untuk itu BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp45 triliun. Nilai tersebut hanya meningkat Rp1 triliun dari alokasi uang tunai jelang dan pasca lebaran pada tahun 2017 lalu.

Bank BNI

Bank yang berfokus bisnis pada segmen corporate banking ini menyiapkan dana tunai untuk antisipasi kebutuhan libur Panjang dan juga lebaran 2018 sebesar Rp52 triliun. Jumlah tersebut meningkat 5% dari alokasi dana tunai pada tahun sebelumnya.

Bank BTN

Bank yang dikenal dengan mortgage banking ini bakal menyediakan uang tunai senilai Rp43,6 triliun. Angka tersebut melonjak lebih dari 48% dibandingkan persiapan uang tunai tahun lalu yang mencapai Rp 29,4 triliun.

Bank DKI

BUMD milik Pemprov DKI ini juga bakal meramaikan program penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat umum. Adapun cabang yang melayani penukaran uang hanyalah cabang yang berada di wilayah Jabodetabek saja.

Bank BRI

Bank yang memiliki fokus bisnis pada sektor usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) ini mengaku mengalokasikan dana tunai untuk antisipasi libur Panjang dan juga Lebaran sebesar Rp28 triliun.

Selain 6 bank diatas, Anda juga dapat menukarkan uang pecahan kecil di kantor cabang Maybank, Bank CIMB Niaga, Bank Artha Graha, Bank BJB, Bank Permata, Bank Panin, Bank Mega, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri.

Kelola Uang THR Anda

Dua minggu atau satu minggu sebelum Lebaran tiba biasanya Anda yang bekerja pasti sudah menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR). Agar lebih tepat guna penggunaan THR Anda ada baiknya dibuat perencanaan terlebih dahulu penggunaannya. Hal tersebut bertujuan agar dana THR Anda tidak hanya habis untuk kegiatan konsumtif.

Akan lebih baik lagi jika dana THR Anda dari awal sudah disisihkan sekitar 10% untuk hal yang sifatnya jangka panjang, seperti investasi misalnya. Hal tersebut akan banyak membantu Anda ketika sedang dalam kesulitan finansial.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini