nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Tarif Tol Jakarta-Surabaya Setelah Didiskon?

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 18:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 02 320 1905718 berapa-tarif-tol-jakarta-surabaya-setelah-didiskon-IllPIn7lHz.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon untuk beberapa ruas jalan tol selama periode Lebaran 2018. Diskon sendiri cukup terbagi menjadi beberapa waktu berbeda dan ruas tol berbeda, namun kisaran diskonnya yakni dari mulai 10% hingga 28%.

Dengan adanya diskon tarif tol, tersebut juga maka para pengendara yang ingin melakukan perjalanan mudik dari Jakarta menuju Surabaya via tol bisa menghemat Rp33.900. Sebelumnya, tarif tol dari Jakarta menuju Surabaya adalah RP351.500 sedangkan setelah adanya diskon, maka tarif tol dari Jakarta menuju Surabaya Rp317.600.

Adapun untuk menuju Surabaya, pemudik harus melewati jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tarif tol ini sebelumnya adalah Rp15.000,namun pada mudik lebaran diberikan diskon sebesar 10% sehingga tarifnya menjadi Rp13.500.

Baca Juga: Tarif Jalan Tol di Diskon Saat Mudik Lebaran, Arus Lalu Lintas Bisa Lebih Lancar

Selanjutnya, pemudika harus melewati Jalan tol Cikopo-Palimanan. Adapun tarif pada tol ini sebelumnya adalah Rp102.000 namun setelah adanya diskon sebesar 10% maka tarif pada jaln tol ini menjadi Rp91.800.

Arus Balik Lebaran, 600 Ribu Kendaraan Pemudik Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

Kemudian, pemudik memasuki jalan tol Palimanan-Kanci. Sebelumnya tarif tol ini adalah 1Rp12.000 namun setelah didiskon sebesar 10% menjadi Rp10.800.

Kemudian, pengendara memasuki jalan tol Kanci- Pejagan.Sebelumnya tarif tol ii adalahsebesar Rp24.000namun setelah didiskon10% menjadi Rp21.600.

Setelah itu, pemudik memasuk jalan tol Pejagan-Pemalang. Pada tol ini tarif yang dibutuhkan adalah Rp20.000 namun setelah adanya diskon hanya menjadi Rp18.000 saja.

Selanjutnya, pemudik memasuk tiga jalan tol fungsionalyakni Brebes TImur (Brexit) - Pemalang , Pemalang - Batang , dan Batang - Semarang. Pada ketiga tol ini pemudik tidak dipungut biaya sebab tol ini masih bersifat fungsional.

Penumpukan Kendaraan Pemudik di Gerbang Tol Cipali Palimanan pada H+4 Lebaran

Kemudian, jalan tol selanjutnya adalah Jalan tol Semarang ABC dengan biaya Rp5.000. Kemudian pemudik masuk tol Semarang-Solo hingga Salatiga dengan membayar tarif tol sebesar Rp28.800 setelah sebelumnya tarif tol tersebut sebesar Rp32.000.

Selanjutnya, pemudik memasuk dua jalan tol fungsional yakni Salatiga-Solo (Kartasura) dan Solo-Ngawi Kartosuro-Sragen. Pada kedua jalan tol ini pemudik tidak dipungut biaya sebab tol ini masih bersifat fungsional dan masih menunggu uji laik fungsi.

Kemudian, pemudik memasuk jalan tol Ngawi-Kertosono. Pada jalan tol ini sebelumnya dikenakan tarif sebesar Rp52.000 namun setelah adanya diskon sebesar 10%, tarif tol ini mnejadi Rp32.400.

Lalu, pemudik akan kembali memasuki jalan tol fungsional. Kali ini pemudik memasuki jalan tol Wilangan - Kertosono, dan pada ruas tol ini pengguna tidak akan dikenakan tarif.

Baca Juga: Tol Malang-Pandaan Seksi 1 dan 3 Sepanjang 16 Km Akan Fungsional pada Mudik Lebaran 2018

Besok, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Ditiadakan

Selanjutnya, pemudik memasuki tol Kertosono- Mojokerto. Sebelumnya tol ini dipatok tarif sebesar Rp46.000, namun setelah adanya diskon, tarif pada jalan tol inimenjadi Rp41.400.

Setelah itu, pemudik akan memasuki jalan tol Mojokerto-Surabaya. Pada jalan tol ini, pemudik akan dikenakan tarif sebesaar Rp32.400 setelah sebelumnya tarif pada jalan tol ini adalah sebesar Rp36.000.

Kemudian yang terakhir, pemudik memasuk jalan tol Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol dengan tarif Rp7.500. Sehingga jik diakumulasikan, total biaya tol dari Jakarta menuju Surabay adalah sebesar Rp317.000.

Sebagai informasi, Pemerintah mengumumkan akan memberikan diskon pada sejumlah tarif tol pada musim mudik lebaran nanti. Diskon sendiri terbagi menjadi beberapa waktu berbeda dan ruas tol berbeda.

Pertama diskon sebesar 10% akan diberikan pada tanggal 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018 di ruas jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, PT Nusantara Infrastruktur, PT. Waskita Toll Road, PT Cipta Marga Nusaphala Persada, PT Jakarta Lingkar Barat Satu, dan PT Margabumi Matraraya.

Ruas-ruas tol PT. Jasamarga yang diberlakukan diskon antara lain ruas Cawang-Tomang-Pluit, Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Ruas milik PT. Hutama Karya yakni Akses Tanjung Priok, Bakauheuni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai.

Besok, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Ditiadakan

Baca Juga: Daftar Jalan Tol yang Diskon Selama Mudik Lebaran, Potongan Tarifnya sampai 28%

Ruas tol PT Nusantara Infrastruktur yakni Makassar Seksi IV, Ujung Pandang Tahap I dan II. Ruas tol PT Waskita Toll Road yakni Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang. Ruas tol PT. Cipta Marga Nusaphala Persada yakni Cawang-Tj. Priuk dan Soreang-Pasir Koja. Ruas tol PT. Jakarta Lingkar Barat Satu yakni JORR W1 (Kebun Jeruk-Ulu Jami) dan Surabaya-Gresik milik PT. Margabumi Matraraya.

program yang kedua sebesar 10% akan diberlakukan pada tol yang dikelola oleh Astra Infra Toll Road, yakni jalur Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono pada selama tiga hari yakni tanggal 15-17 Juni 2018. Diskon terbesar diberikan PT Waskita Toll Road pada ruas tol Bekasi - Cawang - Kp Melayu (Becakayu) sebesar 28% pada tanggal 8-23 Juni 2018. (gir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini