nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag: Pejabat Eselon I dan II Jangan Belanja di Bazar Murah

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 04 320 1906167 mendag-pejabat-eselon-i-dan-ii-jangan-belanja-di-bazar-murah-5HqAeHeWDD.jpeg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto (Feby/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Bazar Ramadan di lingkungan kementerian mulai pukul 09.00-14.00, sejak 4 Juni-7 Juni 2018. Bazar ini berlaku untuk umum tapi tidak untuk pejabat eselon I dan II Kemendag.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian Perdagangan untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang murah. Untuk itu, masyarakat pun sudah bisa belanja di Bazar Kemendag.

"Eselon I dan II diminta untuk tidak beli di sini. Kalau mau pesan beli, saya sarankan ke supermarket, jangan di sini," tuturnya, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Bazar

Mendag melanjutkan, sebenarnya kegiatan ini terselenggara atas kerjasama banyak pihak seperti Asosiasi Peritel Indonesia, para pengusaha dan lainnya. Dengan banyak kerjasama maka penyediaan kebutuhan bahan pokok murah tidak hanya melalui Bazar Ramadan tapi ada 400 titik pasar lainnya.

"Kita juga kerjasama dengan pesantren, kami jual sembako murah diskon 50%. Misalnya paket Rp100.000 diskon 50% hasil penjualan diberikan ke pesantren," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti menambahkan, penyelenggaraan ini sebagai wujud kepedulian Kemendag dalam upaya penyediaan bahan pokok dengan harga terjangkau. Kegiatan ini rutin dilaksanakan di empat titik seperti Kantor Pusat Kementrologi, Kantor Pusat Meteorologi Bandung, Kemendag dan Kantor Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu, Ciracas.

Bazar

"Sebagai laporan Pak Menteri, Bazar Ramada di Bandung dikunjungi 1.000 orang per hari dengan omzet Rp400 juta. Barang yang dibeli banyak seperti telur, gula, minyak goreng, tepung terigu dan paket sembako murah dan aneka daging olahan," tuturnya.

Bazar Ramadan di Kemendag, 70% diisi oleh paket sembako murah seperti beras, gula, daging sapi, ayam, cabai bawang, dan 30% di isi UKM. Adapun terdapat 51 pelaku usaha menempati 47 stan, 25 pengusaha seperti Bulog, PD Darma Jaya dan lainnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini