Mendag: Jadi Pengusaha Jangan Serakah

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 11:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 04 320 1906186 mendag-jadi-pengusaha-jangan-serakah-3LhscsQIxE.jpeg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto (Feby/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut peran dunia usaha dalam mengendalikan harga selama Puasa dan menjelang Lebaran selama dua tahun ini sangat besar. Tercatat sejak 2017, harga relatif terjaga selama hari raya tersebut.

"Dua tahun lalu, memasuki Lebaran harga selalu gejolak ke atas dan dianggap rutin terjadi. Padahal membiasakan hal tersebut tidak benar. Untuk itu sejak 2017 dan bukan kehebatan Kemendag tapi kerjasama berbagai pihak satgas pangan dan dunia usaha. Tanpa dukungan pengusaha produsen sampai ritel maka hal itu tidak akan terjadi," tutur Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kantornya, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Bazar

Itulah, lanjut Enggar, bahwa dunia usaha memiliki peran besar dalam mengendalikan harga bahan pokok. Dirinya pun berharap, selama bulan suci ini kesan bahwa para pengusaha konglomerat itu economic animal atau tidak peduli dengan sesama karena hanya menindas dan cari keuntungan semata, hilang.

"Sebagai dunia usaha memang harus untung kalau tidak bisa mengembangkan usaha dan buka lapangan kerja. Tapi pada saat tertentu harus peduli dengan sesama yang membutuhkan. Bulan suci itu menggugah atas salah satu itu adalah berbagi. Ini harus bisa tahan diri berbagai nafsu termasuk serakah," tuturnya.

Bazar

Enggar pun menyampaikan terima kasih pada pengusaha dan asosiasi yang dari tahun ke tahun melakukan kegiatan sosial selama bulan Ramadan.

"Jadi kepada seluruh masyarakat kita berterima kasih dan berikan dunia usaha dan peduli. Saya bersyukur walaupun di awal terpaksa peduli, tapi setelah mengenal Alhamdulillah dia peduli." ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini