nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nilai Akuisisi Pertagas oleh PGN Tak Sampai Rp35 Triliun

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 20:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 04 320 1906505 nilai-akuisisi-pertagas-oleh-pgn-tak-sampai-rp35-triliun-Go3kwCEZBA.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut bahwa nilai akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tidak mencapai USD2,5 miliar atau setara Rp35 triliun.

Adapun proses integrasi Pertagas ke dalam PGN adalah restrukturisasi internal biasa sehingga tidak termasuk transaksi akuisisi berdasarkan mekanisme pasar.

Informasi tersebut disampaikan oleh Deputi Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. Sayangnya, Fajar belum dapat merincikan nominalnya.

"Belum bisa. Nanti di PGN yang akan menyampaikan," kata dia di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (4/6/2018).

 

Fajar melanjutkan, proses integrasi tersebut tidak perlu menggunakan persetujuan pemegang saham publik meskipun PGN merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebab, nilainya di bawah USD2,5 miliar yang tidak memerlukan ketentuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPSLB).

"Enggak perlu. Makanya kalau dia di atas USD2,5 miliar dia harus ke RUPSLB," jelas Fajar.

Adapun targetnya, proses akuisisi itu dapat disampaikan kepada publik setelah Lebaran. Pun beserta dengan nilai akusisi Pertagas oleh PGM.

"Sebelum 29 Juni lah. Tanda tangan sebelum 29 Juni," kata dia.

 

Sekadar informasi, Kementerian BUMN meminta proses akuisisi Pertagas oleh PT PGN selesai paling lambat Agustus 2018. Peralihan kepemilikan saham Pertagas ke PGN tersebut merupakan bagian dari proses pembentukan Pertamina sebagai holding BUMN Minyak dan Gas (Migas).

Holding BUMN migas sendiri telah resmi terbentuk. Dengan demikian, PT Pertamina (Persero) resmi sebagai induk perusahaan (holding) dan PGN sebagai anggota holding. Adapun proses yang masih tersisa adalah integrasi Pertagas ke dalam tubuh PGN.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini