4 Juta Orang Mudik Pakai Kereta Api di Musim Lebaran 2018

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 12:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 05 320 1906728 4-juta-orang-mudik-pakai-kereta-api-di-musim-lebaran-2018-yO66SQfylh.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada Lebaran 2018 terdapat lebih dari 4 juta penumpang yang mudik menggunakan kereta api. Penggunaan moda transportasi ini pun dikatakan meningkat sekitar 3% dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini kereta api akan melayani lebih dari 4 juta penumpang, itu jumlah yang banyak. Memang tumbuhnya tidak signifikan hanya 3%. Tapi dilihat dari jumlah 4 juta penumpang ini banyak," katanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Dia menyatakan dengan banyaknya jumlah penumpang tersebut, maka diperlukan persiapan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pemudik. Oleh sebab itu, pihaknya sudah melakukan pengecekan pada rel kereta api hingga area rawan longsor dan banjir di sepanjang jalur kereta api.

Berburu Peruntungan Tiket Kereta Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

"Oleh karenanya, kami melakukan rail check, memberikan catatan apa saja yang harus direkomendasi. Juga di mana saja daerah yang rawan longsor. Semua itu kami minta kepada PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk mempersiapkan dengan baik," katanya.

Maka menurutnya, perlu kedisiplinan dari para awak, masinis dan petugas kereta api lainnya untuk teliti. "Penjaga lintasan harus teliti sehingga keselamatan itu bisa dijaga," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Utama PT KAI Edi Sukomoro menambahkan, terdapat 393 perjalanan kereta api sepanjang Lebaran 2018. Angka tersebut sudah termasuk penambahan sebanyak 40 perjalanan. "Jadi kita sediakan 40 tambahan perjalanan libur Lebaran ini," sebutnya.

Berburu Peruntungan Tiket Kereta Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

Pihaknya pun telah melakukan pengecekan untuk memastikan keamanan perjalanan. Sehingga dipastikan perusahaan plat merah ini siap mengawal perjalanan mudik dan balik Lebaran 2018.

"Semua stasiun sudah kita lewati, baik jalur utara maupun selatan untuk lihat kesiapan mereka. Karena ini pekerjaan rutin beri pelayanan, kita sudah cek itu, dan sudah siap," jelas dia.

Dia pun menyatakan, dalam perjalanan tersebut penumpang akan menikmati pelayanan sahur dan buka puasa gratis. Hal ini sudah mulai berlangsung sejak Senin 5 Juni 2018 hingga H-1 hari Lebaran.

"Kita siapkan 85.000 paket sahur dan buka setiap harinya untuk penumpang," jelasnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini