nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tukar Uang Baru bisa Dilakukan di Jalur Mudik, Begini Caranya

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 06 20 1907373 tukar-uang-baru-bisa-dilakukan-di-jalur-mudik-begini-caranya-WN37CERzcr.jpg Foto: Uang Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Layanan penukaran uang kartal melalui perbankan dan kantor kas akan berakhir pada 5 Juni 2018. Namun jangan sedih, bagi masyarakat yang belum sempat menukarkan uang lama dengan yang baru.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan, mulai hari ini BI telah menjalankan kas keliling dan kas penukaran di sepanjang jalur mudik.

"Jadi sekarang kita mobile. Mulai hari ini di jalur mudik ini ada daftarnya seperti pantura dan titik mana, kilometer mana jadi tahu. Kita update di media sosial," tuturnya, di Kantor BI, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Penukaran uang dijalur mudik ini pun akan melayani hingga H-1 Lebaran. Hal tersebut karena masih banyaknya pemudik yang melakukan aktivitas pada satu hari menuju Lebaran.

"Jadi ini terus sampai H-1. Setelah itu (penukaran) bergerak ke ATM, tentu tidak ada pecahan Rp2.000, Rp5.000. Jadi kalau mau sekarang saja atuh," ujarnya.

Rosmaya mengatakan, sebagai langkah antisipasi BI untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang kartal pada Lebaran tahun ini maka titik penukaran pun diperbanyak. Titik penukaran saat ini sudah mencapai 2.076

"Libur Lebaran panjang jadi titik semakin banyak. Jabodetabek ada 160 titik. Di tempat, kantor kas, bank itu berakhir di tanggal 5 Juni. Setelah itu bergerak di kas keliling, kas penukaran dan di jalan atau jalur mudik bisa dilakukan penukaran," ujarnya.


(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini