nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran, Bandara Diinstruksikan Beroperasi 24 Jam & Pesawat Dicek

Inews, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 06 320 1907359 mudik-lebaran-bandara-diinstruksikan-beroperasi-24-jam-pesawat-dicek-7bR1VLwrTu.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi instruksikan bandara beroperasi 24 jam. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memerintahkan otoritas bandar udara (bandara) meningkatkan pelayanan dan jam operasional bandara memasuki mudik Lebaran 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, penumpang yang menggunakan melalui jalur udara akan meningkat cukup signifikan pada mudik Lebaran 2018. Bahkan peningkatan penumpang pesawat terbang diperkirakan mencapai 9 persen jika dibanding masa mudik di tahun lalu.

Baca Juga : Tol Cipali Jadi Perhatian Menhub di Musim Mudik Lebaran 2018

"Kami juga minta kepada bandara-bandara yang biasanya cuma sampai 8 jam, 6 jam itu menjadi 24 jam sehingga kapasitasnya akan naik." ujar Budi Karya usai rapat dengar pendapat di Komisi V DPR RI, Jakaarta, Rabu (6/6/2018).

Dengan bertambahnya pelayanan hingga 24 jam, maka semua pesawat harus dikontrol secara rutin guna menghindari adanya gangguan teknis yang menyebabkan penerbangan ditunda. Hal ini juga sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menggunakan pesawat terbang untuk mudik.

Baca Juga : Awas, Ada 3 Titik Macet saat Mudik Lebaran 2018

Selain itu, dia juga meminta seluruh otoritas bandara menambah slot penerbangan selama arus keberangkatan dan balik Lebaran sehingga dapat menampung semua pemudik. "Kita menambah 3.500 slot untuk Jakarta selama dua minggu penerbangan untuk Jakarta. Jadi kalau seluruh Indonesia kira-kira dua kali lipatlah," katanya.

Selama melayani pemudik menggunakan pesawat, dia berharap pesawat yang digunakan adalah tipe airbus. "Kita minta penerbangan itu menggunakan pesawat berbadan lebar," kata Budi.

(Ade Miranti Karunia Sari/iNews.id)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini