nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Krisis Moneter Paling Kelam Sepanjang Sejarah

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 05:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 06 320 1907498 10-krisis-moneter-paling-kelam-sepanjang-sejarah-jOyYYFqf8O.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Sistem kapitalisme saat ini menjadi salah satu sistem ekonomi yang diadopsi hampir mayoritas negara di dunia. Meski dengan berbagai variasinya dianggap sistem ekonomi terbaik namun kapitalisme ternyata juga menyimpan ancaman dalam dirinya berupa krisis moneter yang dampaknya bisa meluluhlantakkan perekonomian sebuah negara jika tidak diantisipasi.

Berikut 10 krisis moneter terburuk sepanjang sejarah:

Kepanikan Bank, 1907

Kepanikan pada 1907 terjadi karena terjun bebasnya pasar saham Dow lebih dari 50% dibanding tahun sebelumnya. Pemicunya adalah over-ekspansi dan spekulasi pasar yang buruk. Pasar saham jatuh pada Maret dan terulang kembali pada Oktober, menyebabkan hilangnya kepercayaan pada bank disusul bangkrutnya Bank Amerika Utara. Pada Februari 1908 kepercayaan publik mulai pulih dan pada Mei, Kongress menyetujui Undang-undang Aldrich-Vreeland Act dan membentuk Komisi Moneter Nasional untuk meredam setiap kepanikan pasar di masa datang.

 

Baca Selengkapnya: Daftar 10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini