nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Mudik, Menhub Fokus Pelayanan Angkutan Darat

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 11:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 07 320 1907651 jelang-mudik-menhub-fokus-pelayanan-angkutan-darat-PtOszll6Xf.jpg Foto:BKIP Kemenhub

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku menaruh perhatian khusus pada angkutan darat selama masa mudik Lebaran 2018. Menurutnya, ada dua jalur, Merak dan Cikampek yang akan sangat dipadati saat arus mudik terjadi.

“Saya anggap KA, udara, laut sudah mempersiapkan dengan baik dan movement tiga layanan itu dilakukan operator berbeda dengan darat yang dilakukan individu. Jadi saya memang harus memberikan perhatian yang lebih kepada Ditjen Hubdat,” tuturnya, di Kemenhub, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Khusus hal tersebut, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II pun meminta pihaknya harus mengatur dan mengawasi. Misalnya, dengan BMKG terkait cuaca seperti apa. Hal tersebut bisa langsung diinformasikan ke public.

Lonjakan Penumpang Arus Mudik Lebaran Terminal Kampung Rambutan Diprediksi H-8

“Saya minta supaya mengeshare untuk masyarakat supaya tahu. Saya meminta semua mitra khususnya di bawah Kementerian Perhubungan, untuk melakukan persiapan intensif seperti Jasa marga yang memiliki CCTV yang akurat yang bisa dikonsolidasikan menjadi suatu hasil untuk mengkroscek dengan base data tertentu,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga memberikan perhatian khusu terhadap ramp check yang sudah 75%. Dia minta hal tersebut ditingkatkan lagi.

PT KAI Operasikan 20 Kereta Tambahan buat Arus Mudik Lebaran 2018

“Saya minta Dishub dan Kapolres sekarang sampai Lebaran dilakukan ramp check karena saya tidak mau kecolongan h+1, 2 dan 3 saat berlibur ke puncak rem blong. Kemudian saya minta penegakan hukum, bagi bus dan truk tidak memiliki penanda lolos ramp check maka tidak boleh beroperasi. Kit‎a tidak mau lagi ada rem blong yang mengorbankan orang banyak,”ujarnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini