Menhub Pantau Persiapan Mudik Lebaran di Jawa Timur

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 09 320 1908613 menhub-pantau-persiapan-mudik-lebaran-di-jawa-timur-1ULOPLk0QL.jpg Foto: Giri Hartomo

SURABAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan arahan terkait pelaksanaan angkutan Lebaran terpadu di Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut bertujuan agar mudik Lebaran tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

Dalam arahannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, secara khusus dirinya meminta kepada seluruh pihak terkait di Jawa Timut untuk kompak dalam mensuksekan mudik Lebaran tahun ini. Dia juga minta kepada Dinas Perhubungan di Jawa Timur untuk kompak dengan stekholder terkait khususnya dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan hingga Pertamina.

Menurutnya, tanpa kerjasama yang kompak antara stekholder satu dengan yang lain, mudik Lebaran khususnya di wilayah Jawa timur tidak akan pernah sukses.

"Pertama kali kami memang merencanakan mudik Lebaran dengan satu kebersamaan di mana unsur-unsur seperti TNI/Polri, Pertamina, PU, Kemenkes tidak boleh dilepaskan koordinasinya," ujarnya dalam pengarahan angkutan lebaran di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/6/2018).

Kurangi Tingkat Kecelakaan, PLN Gelar Mudik Gratis

Menurut Budi, semua stakeholder memang memiliki peranan yang sangat penting. Pertamina misalnya, perseroan ini memegang tugas untuk memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) aman saat mudik Lebaran.

Sementara Dinas Kesehatan juga memiliki peranan yang sangat penting. Dinkes setempat bisa membantu memberikan perawatan pemudik bagi yang sakit atau sekedar kecapean ketika mudik.

"Jangan lupa dengan Dinkes, Dinsos untuk dilakukan intensi. Kami mengadakan rapat beberapa kali dan kita melakukan event inventarisasi. Dimana hal hal tersebut menjadi penting," jelasnya.

H-7 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Merak Terpantau Masih Sepi

Apalagi, pada musim mudik lebaran tahun ini, pemerintah mengusung tema guyub rukun. Artinya, pemerintah berkomitmen untuk bersama sama menciptakan mudik yang bahagia.

"Mudik lebaran ajang kebersamaan nasional yang oleh presiden dinyatakan dan diminta perhubungan untuk melakukannya dengan baik. Kita membuat mudik ini sebuah kebahagiaan. Mudik bareng guyub rukun," kata Budi.

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini