nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran, Menhub Soroti Moda Transportasi Laut di Surabaya

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 14:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 09 320 1908640 mudik-lebaran-menhub-soroti-moda-transportasi-laut-di-surabaya-zlQkTC6yAs.jpg Foto: Giri Hartomo

SURABAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyoroti jalur perhubungan laut pada Lebaran tahun ini. Sebab, pada tahun lalu, jumlah pemudik yang menggunakan kapal atau via jalur laut masih rendah sekali.

Dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, Kapal laut menjadi yang paling sedikit sekali diminati oleh pemudik pada tahun lalu. Pemudik justru memilih untuk menggunakan jalur darat, ataupun jalur udara untuk pulang ke kampung halamannya.

"Memang saya minta secara khusus untuk angkutan kapal," ujarnya dalam pengarahan angkutan lebaran di Hotel JW Marriot, Surabaya, Sabtu (9/6/2018).

Khusus di wilayah Jawa Timur, Budi menyoroti penyeberangan kapal yang menuju ke Madura. Karena menurutnya, angkutan kapal yang menuju Madura dari Surabaya masih ada beberapa kekurangan.

"Saya minta pada Dishub (Jawa Timur) angkutan kapal Madura agar lebih baik dari tahun lalu," ucapnya.

H-7 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Merak Terpantau Masih Sepi

Termasuk juga untuk penambahan penyeberangan menuju pulau-pulau kecil disekitar Madura. Menurutnya, banyak penumpang yang ingin menyeberang ke kepulangan yang kecil di sekitar Madura tidak terfasilitasi.

Sehingga pada akhirnya banyak justru masyarakat menggunakan transportasi darat untuk mudik lebaran. Jika hampir semuanya menggunakan transportasi darat maka, akan ada kemacetan yang terjadi di jalur-jalur darat.

H-7 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Merak Terpantau Masih Sepi

Apalagi, jumlah pulau dan daerah yang ada disekitar Madura cukup banyak. Sehingga bisa dipastikan jika semuanya menggunakan jalur darat, akan ada kemacetan yang sangat padat.

"Oleh karenanya meneliti di Madura itu pulau nya ada seribu dan penduduknya masif. Saya minta Dirjen Laut melakukan secara intensif apa yang kita lakukan untuk jangan sampai ada yang keleleran lagi," jelasnya.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan arahan terkait pelaksanaan angkutan lebaran terpadu di Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Hal tersebut bertujuan agar mudik lebaran tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu melalui angkutan lebaran yang lebih baik.

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Jawa Timur dan Bupati dan Walikota se-Jawa Timur. Selain itu, hadir pula Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Jawa Timur, Kapolres dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) se-Jawa timur.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini