nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Menhub Cek Pelabuhan Tanjung Perak

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 09 Juni 2018 17:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 09 320 1908661 tinjau-pelabuhan-perak-simak-apa-yang-dilakukan-menhub-Sfoy29kjdc.jpg Foto:BKIP Kemenhub

SURABAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Hal tersebut untuk memastikan fasilitas serta pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok berjalan dengan baik dan memuaskan.

Menurut Budi, jalur mudik via tol laut memang mendapatkan sorotan setelah pada tahun lalu kurang begitu maksimal. Hal tersebut terlihat dari minimnya minat pemudik yang menggunakan moda transportasi laut khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Seperti yang saya sampaikan tadi secara umum Pemda Jatim . Khusus mengenai kapal angkutan dari Jawa timur dan Surabaya Kemasalembo dan beberapa tempat itu memang resiko. Tahun lalu masalah tahun ini kita ingin harus tidak ada masalah di sini," ujarnya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/6/2018).

Budi melanjutkan, perhatian khusus dalam tinjauan ke Tanjung Perak adalah masalah kapasitas penumpang. Dirinya meminta kepada nahkoda dan captain kapal tidak terlalu memaksakan mengangkut beban penumpang yang berlebih.

"Tetapi saya juga minta syahbandar dan nahkoda untuk tetap tertib. Jangan melampaui batas kapasitas," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Budi, pihaknya menyiapkan beberapa kapal tambahan. Ada sekitar lima kapal tambahan yang disiapkan oleh Kementerian Perhubungan yakni dua kapal latih, dua kapal patroli dan satu kapal navigasi.

"Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan menyiapkan beberapa kapal. Ada kapal latih, kap navigasi, kapal patroli, kita siapkan untuk memantau dan menolong mereka bisa bergerak," jelasnya.

Selain itu, Budi juga meminta agar pihak pelabuhan untuk menyediakan pelayanan yang maksimal kepada para penumpang. Khususnya di Pelabuhan Kalianget, Madura yang menurutnya butuh tambahan fasilitas ruang tunggu.

"Kalau di tanjung perak kan tempatnya bagus ada pak Arie punya terminal Pull. Tapi kalo di Kalianget kan enggak ada. Jadi saya minta teman teman dishub untukenyediakan tenda-tenda dan juga menyiapkan makanan apabila mereka tidak membawa makanan," jelasnya.

Dengan upaya upaya tersebut, Budi percaya jika mudik lebaran bisa berjalan dengan baik. Khususnya moda transportasi laut yang mendapatkan banyak sorotan. "Insya Allah yang kita lakukan bisa berhasil berjalan," ucapnya.

(feb)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini