nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Korban Hacker, Situs Ditjen Pajak Sudah Pulih

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 20 1909087 jadi-korban-hacker-situs-ditjen-pajak-sudah-pulih-3oPYR6uUdY.png Foto: Situs pajak.go.id

JAKARTA - Pagi ini, Senin (11/6/2018) situs resmi Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id kembali bisa digunakan setelah sebelumnya diserang hacker pada Minggu 10 Juni 2018.

Okezone mencoba mengakses situs pajak.go.id dan tidak ada masalah. Pada situs tersebut kita memang harus login dengan mengisi nomor NPWP dan password lalu mengisi kode keamanan.

Sekedar informasi, situs Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Minggu 10 Juni 2018 tidak bisa diakses. Keterangan melalui mobile phone bahwa situs under maintenance. Namun versi PC, tampilan situs tersebut sempat tampak diretas.

Sekira di atas pukul 20.30 WIB, dikabarkan sempat tertulis www.anonymous-arab.com. Tampilan Situs Ditjen Pajak tampak tulisan Arab dan di bagian bawah terdapat pesan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Situs Pajak Di-hack, Ditjen Pajak: Semua Data Aman

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama mengatakan, website DJP dihack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Modus yang digunakan adalah 'Deface', di mana tampilan muka atau beranda diganti dengan yang lain.

"Data-data WP aman, karena tidak terdapat di website tersebut dan tidak dapat diakses melalui website tersebut. Demikian juga aplikasi dan fitur lainnya juga tidak terganggu. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata dia kepada Okezone.

Hestu menambahkan, saat ini sistem akan dimatikan terlebih dahulu. Namun pihaknya memastikan kalau situs resmi pajak bisa kembali diakses setelah pemulihan selesai.

"Sementara kami off kan dulu (under maintenance) dan segera dipulihkan agar masyarakat/WP dapat mengakses lagi seperti biasanya. Kami akan meningkatkan lagi keamanan situs sistem informasi kita," tukas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini