nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Tol Digratiskan jika Macet Lebih dari 5 Km, Nomor 3 Bikin Merinding

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 09:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 320 1909100 fakta-fakta-tol-digratiskan-jika-macet-lebih-dari-5-km-nomor-3-bikin-merinding-KVnJozIR9d.jpg Ilustrasi: Foto Antara

TEGAL – Pengelola jalan tol diminta menggratiskan tarif untuk pemudik jika antrean di pintu tol lebih dari 5 km. Langkah ini perlu diambil agar antrean tidak terlalu panjang hingga mengganggu kenyamanan pemudik.

Banyak fakta menarik soal gratisnya tol jika ada antrean atau kemacetan di pintu tol lebih dari 5 km. Berikut ulasannya:

1. Permintaan diskresi untuk membebaskan tarif tol jika kondisi dimaksud terjadi disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK) Puan Maharani.

 Pembangunan Jembatan Kali Kenteng Belum Kelar, Kemacetan Tak Terhindarkan

2. Hal ini disampaikan Puan setelah melihat antrean kendaraan sekitar 3 km di Gerbang Tol (GT) Kertasari Suradadi, Kabupaten Tegal, yang merupakan jalur ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang.

3. Puan mengaku khawatir peristiwa di Brebes Exit (Brexit) 2016 bisa terulang.

4. Dalam pandangannya, antrean sepanjang 3 km tersebut sudah sangat panjang dan dapat mengganggu kenyamanan pemudik.

“Sekarang diskresi pembebasan biaya tol diterapkan apabila antrean memanjang 5 km. Saya rasa 3 km saja sudah sangat panjang dan mengganggu pemudik,” ujar dia saat melakukan peninjauan arus mudik Lebaran 2018 di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

 Pembangunan Jembatan Kali Kenteng Belum Kelar, Kemacetan Tak Terhindarkan

5. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian setuju dengan usulan pembebasan biaya tol jika antrean memanjang hingga sekira 3 km.

6. Untuk itu, dia memohon kebijaksanaannya kepada Menteri PUPR selaku penanggung jawab proyek tol untuk mementingkan situasi darurat.

7. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti permintaan diskresi itu apabila terjadi di tol operasional.

“Ya bisa jadi kami terapkan, namun tetap menunggu kondisi di lapangan. Untuk akses tol fungsional Semarang hingga Sragen tahun ini memang gratis,” tandas Basuki.

Secara umum hingga kemarin arus mudik Lebaran 2018 relatif lancar dan aman, termasuk di sepanjang tol Trans- Jawa. Kepadatan hanya terpantau di Cipali akibat banyaknya pemudik yang memanfaatkan rest area.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini