Gerbang Tol Cikarang Utama akan Dibongkar, Ini Alasannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 21:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 11 320 1909422 gerbang-tol-cikarang-utama-akan-dibongkar-ini-alasannya-XyG6U2gAqP.jpeg Kepala BPJT Herry Tz (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah bersama Jasa Marga berencana melakukan pembongkaran pada Gerbang Tol Cikarang Utama. Sebagai gantinya, Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol di Ruas tol Jakarta-Cikampek akan memindahkan Gerbang tol ke dua titik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ mengatakan, kedua titik tersebut yakni dipindah menuju Gerbang Tol Cikopo. Serta satu titik lagi adalah di pindah menuju Gerbang Tol Sadang di Purwakarta.

"Nah ini masih dikaji indikasinya dipindah ke Cikopo (Cipali) atau di Sadang. Ini sudah disampaikan sedang kita kaji bagaimana realisasinya seperti itu," ujarnya dalam sebuah diskusi di Dafam Hotel, Jakarta, Senin (11/6/2018).

Arus Balik Lebaran, 600 Ribu Kendaraan Pemudik Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

Herry menambahkan, rencana pemindahan tersebut saat ini masih terus dikaji antara Jasa Marga dengan Kementerian PUPR sebagai regulator jalan tol. Termasuk juga wacana pengkajian apakah akan dibangun Gerbang Tol baru di kedua titik tersebut atau justru melakukan pemanfaatan teknologi di kedua titik tersebut.

"Kalau nanti itu diputuskan maka harus dibangun gerbang lagi. Tapi kalau sekarang masih cukup memadai mungkin solusinya kita ke teknologi barangkali itu lebih baik. Ini masih terus kita kaji solusinya," jelasnya.

Menurut Herry, ada beberapa hal yang membuat alasan kenapa Gerbang Tol Cikarang Utama akan dipindah. Pertama adalah mempertimbangkan pengoperasian jalan tol layang Jakarta Cikampek (Japek Elevated II).

Arus Balik Lebaran, 600 Ribu Kendaraan Pemudik Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

"Masih kita kaji. Jadi jasa marga memang ada beberapa tujuan dari sisi Jasa Marga. Pertama japek Elevated II, pada lokasi tersebut kena gerbang tol yang ada saat ini," ucapnya.

Alasan selanjutnya adalah untuk kemudahan transaksi. Dengan dipindahkannya Gerbang Tol Cikarang Utama, kedua titik tersebut dipercaya akan lebih kompeten baik dari sisi kemudahan bertransaksi dan juga kepadatan kendaraan.

"Kalau kita lihat penanganan yang kita lakukan saat ini, kita pisahkan sehingga penanganannya lebih terukur sehingga bisa kita ulangi dan bahkan kita kurang lancar harusnya seperti itu idealnya ke depan," jelasnya.

Selain itu, alasan pemindahan Gerbang Tol juga untuk mengetahui data kendaraan yang masuk dan keluar dari Jakarta lebih terperinci. Dengan dipindah ke Cikopo maka Jasa Marga bisa mengetahui berapa kendaraan yang menuju ke Pantura, sementara pemindahan menuju Sadang untuk mengetahui jumlah kendaraan yang dari dan menuju ke jalur Selatan seperti Purwakarta, Bandung dan Sekitarnya.

"Kemudian juga untuk kemudahan transaksi, kita juga melihat Cikarut itu kan gabungan dari beberapa daerah Cirebon dan lain lain dan juga dari Bandung sehingga lebih kompeten," kata Herry.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini