nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Tidur Banjir Peminat, KAI Siap Tambah Gerbong

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 13:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 320 1909628 kerta-tidur-banjir-peminat-kai-siap-tambah-gerbong-ruIyTmLfto.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap menambah jumlah gerbong kereta sleeper alias kereta tidur. Hal tersebut dengan melihat tingginya minat penumpang kereta tidur pada hari pertama pengoperasian. Bahkan tiket kereta tidur yang dijual Rp900.000, sudah ludes terjual pada hari ini hingga hari Lebaran.

Direktur Utama PT KAI Indonesia Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya masih akan terus memantau bagiamana respon masyarakat terhadap kereta luxury tersebut. Jika nantinya memiliki minat yang cukup tinggi, maka bukan tidak mungkin pihaknya akan menambah jumlah gerbong kereta tidur tersebut.

"Itu dia kita test market dulu," ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018)

Asal tahu saja, saat ini ada empat gerbong kereta tidur yang dimiliki oleh KAI. Selain empat gerbong yang sudah beroperasi, KAI sudah memesan 6 tambahan gerbong kereta tidur untuk relasi lain.

PT KAI Operasikan Kereta Mewah Sleeper di Rangkaian KA Argo Anggrek

Nantinya lanjut Edi, ada beberapa kemungkinan yang akan dilakukan oleh KAI dengan penambahana pesanan gerbong luxury tersebut. Pertama adalah dengan membuka relasi baru menuju jalur selatan.

Untuk relasi baru menuju jalur selatan ini, rencananya akan disambungkan dengan Kereta Gajayana rute Stasiun Gambir-Malang. Saat ini sendiri 4 gerbong yang dimiliki KAI disambungkan dengan Kereta Agro Bromo dengan rute Jakarta-Semarang-Surabaya.

Sementara opsi kedua adalah kemungkinan adanya penambahan gerbong lagi pada KA yang sudah menempel pada Kereta. Maksudnya dalam hal ini adalah Kereta Agro Bromo dengan ritel Jakarta-Semarang-Surabaya.

"Kalau diminati, di Gajayana juga, rute Jogja, Solo juga, atau mungkin Purwokerto juga," jelasnya.

PT KAI Operasikan Kereta Mewah Sleeper di Rangkaian KA Argo Anggrek

Sebagai informasi, kereta tidur Jakarta akan bergerak empat kali dalam satu hari. Khusus Jakarta, ada dua waktu keberangkatan kereta sleeper menuju Surabaya.

Kereta paling pagi berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 09.30 WIB dan sampai di Surabaya pukul 18.30 WIB. Keberangkatan kedua dari Stasiun Gambir pada pukul 21.30 WIB dan tiba di Surabaya pukul 06.30 WIB keesokan harinya.

Sementara dari Stasiun Pasarturi, keberangkatan pertama pukul 08.00 WIB dan sampai di Jakarta pukul 17.00 WIB. Keberangkatan kedua yakni pukul 20.00 WIB hingga sampai Jakarta pukul 05.00 WIB keesokan harinya.

(feb)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini