6 Fakta Kereta Tidur, Harga Promo Rp900.000 hingga Layanan Eksklusif

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 01:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 320 1909741 6-fakta-kereta-tidur-harga-promo-rp900-000-hingga-layanan-eksklusif-wrU8tB2Ld9.jpeg Kereta Api Tidur (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - PT KAI (Persero) meluncurkan kereta api super mewah untuk melayani pemudik yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halaman. Kereta kelas luxury jenis sleeper itu akan melayani pengguna jasa KA di rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP).

Kereta tidur sendiri mulai resmi beroperasi pada hari ini. Pengoperasiannya sendiri dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, kereta api dengan beragam fasilitas itu sebagai bentuk inovasi untuk melayani konsumen.

"Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari PT KAI untuk meningkatkan layanan. Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya," ujarnya.

PT KAI Operasikan Kereta Mewah Sleeper di Rangkaian KA Argo Anggrek

Berikut fakta menarik mengenai kereta tidur yang dirangkum oleh Okezone:

1. Kereta Buatan Inka

Kereta ini dipesan PT KAI dari PT Inka (Persero) dan telah diuji coba sebelum diserahterimakan ke PT KAI pada 8 Juni 2018. Kereta dengan fasilitas serba mewah tersebut akan memulai tugas perdananya melayani pengguna jasa KA terhitung mulai tanggal 12 Juni 2018.

2. Tarif Promo Rp900.000 Selama Satu Bulan

Pada pengoperasian hari pertamanya, harga tiket Kereta tidur dijual dengan tarif promo sebesar Rp900.000 per orang. Tarif promo tersebut berlaku dalam satu bulan ke depan artinya berlaku hinggap 12 Juli 2018.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, mengenai tarif aslinya, pihaknya masih terus melakukan kajian-kajian yang mendalam. Sehingga dirinya belum bisa mempublikasikan saat ini.

Namun, Edi menyebut jika harga tiket normal dari kereta tidur akan bergantung kepada animo penumpang. Jika nantinya penumpang akan semakin banyak maka kemungkinan untuk di turunkan sedikit.

PT KAI Operasikan Kereta Mewah Sleeper di Rangkaian KA Argo Anggrek 

Namun sebaliknya ketika penumpang selama masa promo sepi, maka ada kemungkinan akan tarif tiket kereta tidur akan diturunkan. Akan tetapi mengenai penghitungannya dirinya masih merahasiakannya.

Meskipun begitu lanjut Edi, tarif dari Kereta tidur itu nantinya akan sedikit lebih mahal dibandingkan kereta prioritas seperti Jakarta-Bandung. Tiket kereta prioritas Jakarta Bandung sendiri dijual dengan harga Rp250.000 per orang.

3. Layanan Eksekutif Seperti Kelas Bisnis di Pesawat

Ada hal unik dari Kereta Tidur yang baru saja resmi beroperasi pada hari ini. Adalah pelayanan eksklusif layaknya kelas bisnis di pesawat.

Layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa kereta sleeper selama perjalanan. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inci dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia private per penumpang per kursi.

4. Penumpang tak Persoalkan Harga

Meski terbilang cukup mahal, namun tidak sedikit penumpangyang tidak mempersoalkan masalah harga. Sebab menurutnya, harga RP900.000 yang ditawarkan cukup menarik jika dilihay pelayanan yang diberikan.

Salah satu penumpang pertama kereta kelas luxury Endah Wijayanti menilai, kereta sleeper memiliki fasilitas yang sangat nyaman sekali khususnya ada pada kursinya.

Apalagi lanjut Endah, kursi yang disediakan juga sangat amat nyaman layaknya di pesawat. Belum lagi, kursi tersebut bisa diatur posisinya lewat tombol yang ada di samping kanan kursi.

Endah juga menambahkan, berbagai fasilitas lainnya juga sangat amat memuaskan. Sebab, selain kursi yang super nyaman, ada juga TV 12 inchi yang siap menemani dirinya selama perjalanan.

Intip Fasilitas Mewah Kereta Kelas Luxury Jenis Sleeper Pesanan PT KAI dari PT Inka

Dengan berbagai fasilitas yang begitu mewahnya, jadi alasan mengapa Endah rela merogoh kocek sebesar Rp900.000 demi menikmati kereta kelas luxury itu. Karena menurutnya, antara harga dan fasilitas yang diberikan sangat memuaskan.

5. Tiket Kereta Tidur Ludes hingga Lebaran

Senior Manager Humas KAI Daop I Edy Kuswoyo mengatakan, empat kereta sleeper yang bakal beroperasi sudah habis dibeli calon penumpang. Meski mendapat animo besar, namun pihaknya belum berencana menambah tiket kereta sleeper untuk pemudik.

Dia menerangkan bahwa kereta sleeper memiliki fasilitas yang membuat penumpang merasa nyaman. Penumpang bisa tidur di dalam kereta dengan berbagai fasilitas yang diberikan PT KAI.

6. KAI Berencana Tambah Lagi Gerbong Kereta Tidur

PT KAI Persero bersiap menambah lagi jumlah kereta tidur yang akan dioperasikan. namun terlebih dahulu KAI masih akan terus memantau bagiamana respon masyarakat terhadap kereta luxury tersebut.

Intip Fasilitas Mewah Kereta Kelas Luxury Jenis Sleeper Pesanan PT KAI dari PT Inka

KAI bahkan sudah melakukan pemesanan gerbong sebanyak 6 gerbong untuk relasi lain. Saat ini sudah ada empat gerbong kereta tidur yang dimiliki oleh PT KAI.

Nantinya, ada beberapa kemungkinan yang akan dilakukan oleh KAI dengan penambahana pesanan gerbong luxury tersebut. Pertama adalah dengan membuka relasi baru menuju jalur selatan.

Untuk relasi baru menuju jalur selatan ini, rencananya akan disambungkan dengan Kereta Gajayana rute Stasiun Gambir-Malang. Saat ini sendiri 4 gerbong yang dimiliki KAI disambungkan dengan Kereta Agro Bromo dengan rute Jakarta-Semarang-Surabaya.

Sementara opsi kedua adalah kemungkinan adanya penambahan gerbong lagi pada KA yang sudah menempel pada Kereta. Maksudnya dalam hal ini adalah Kereta Agro Bromo dengan ritel.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini