nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Surat Hoax Pengangkatan Tenaga Honorer, BKN Minta Masyarakat Hati-Hati

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 18:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 320 1909750 beredar-surat-hoax-pengangkatan-tenaga-honorer-bkn-minta-masyarakat-hati-hati-TwLx7naePs.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan klarifikasi terkait beredarnya surat pengangkatan tenaga honorer. Menurut BKN surat yang ditunjuknya kepada Kepala SMP Negeri 7 Klaten dengan nomor BII/BKN/K/2017 tertanggal 7 Juni 2018, berisi pemberitahuan pengangkatan honorer.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, surat tersebut 100% palsu. Sebab menurutnya, BKN tidak pernah mengeluarkan surat tersebut.

Lagi pula lanjut Ridwan, pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya melalui seleksi yang dilakukan oleh BKN bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Guru Honorer Bersatu Desak Diangkat Jadi PNS

"Pengangkatan CPNS pasti didahului dengan seleksi oleh Pemerintah yang diumumkan secara resmi pula," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (12/6/2018).

Ridwan juga meningkatkan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati jika menemukan surat-surat edaran yang sumbernya kurang valid. Menurut Ridwan pastikan seluruh sumber informasi berasal dari website pribadi dari BKN atau melalui media resmi.

“Kami akan selalu mengingatkan masyarakat untuk hanya mempercayai informasi yang dikeluarkan BKN melalui pemberitaan secara resmi via laman www.bkn.go.id maupun melalui media sosial BKN yang juga sudah bertanda official,” jelasnya.

Guru Honorer Bersatu Desak Diangkat Jadi PNS

Apalagi lanjut Ridwan, ada yang sampai meminta uang jaminan demi memuluskan langkah menjadi abdi negara. Hal tersebut menurutnya seratus persen salah dan bukanlah berasal dari BKN.

"Jika masyarakat dijanjikan untuk diangkat menjadi CPNS tanpa seleksi resmi dari Pemerintah, dipastikan itu tindakan penipuan. Seleksi penerimaan sampai pengangkatan hanya bisa dilakukan secara resmi dan terbuka oleh Pemerintah," jelasnya.

Sebagai informasi, beredar surat pengangkatan PNS yang ditunjukkan kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Klaten. Selembaran yang bercorps surat BKN ini menyatakan mengangkat saudari Nur Iswati S.Ikom sebagaimana guru pengajar. (kmj)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini