Jelang Lebaran, Penjual Kulit Ketupat Ini Untung Rp900.000/Hari

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 16:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 320 1910073 jelang-lebaran-penjual-kulit-ketupat-ini-untung-rp900-000-hari-t84vYFUZhI.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Jelang hari raya Lebaran atau Idul Fitri, pedagang kulit ketupat mulai bermunculan. Hampir diberbagai pasar tradisional mulai menjamur pedagang penyedia kulit ketupat.

Sebagai contoh di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat. Dari pantauan Okezone, seluruh pedagang di pasar mulai menjajakan kulit ketupat. Bahkan ada beberapa penjual yang menjajakan dagangannya hingga kepinggir jalan.

Terlihat jika Anda berjalan melewati jalan Srikaya, Anda bisa menemukan beberapa penjual kulit ketupat.

Menurut salah seorang penjual kulit ketupat di Pasar Gondangdia Marjudin, sengaja menjual kulit ketupat saat mendekati Lebaran. Sebab banyak masyarakat yang mencari dan butuh dengan kulit ketupat saat menjelang Lebaran seperti saat ini

"Iya memang selalu jual kulit ketupat setiap lebaran," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, di Pasar Gondangdia, Jakarta, Rabu (13/6/2018).

Menurut Marjudin, alasan kenapa dirinya selalu berjualan karena omsetnya yang cukup tinggi. Menurutnya ada peningkatan omset sekitar lima kali lipat ketika menjelang Lebaran.

Seperti diketahui, Marjudin menjual satu kulit ketupat seharga Rp10.000 hingga Rp12.000 per sepuluh kulit ketupat. Dalam sehari, dirinya menyediakan kurang lebih 1.000 kulit ketupat.

"Kalau keuntungannya bisa sampai lima kali lipat dari modal, tapi itu masih kotor belum kepotong yang lain-lain," ucapnya.

Jika dihitung maka para pedagang bisa mendapat sekitar Rp1.000.000 setiap harinya jika 1.000 kulit ketupat bisa habis dalam waktu 1 hari. Hal tersebut dihitung dari Rp10.000 (harga terendah) dikalikan dengan 100 ketupat.

Sedangkan untuk bahan baku yang dipakai atau jamur yang dipakai hanya dijual Rp800 hingga Rp1.000 per. Uang sebesar itu bisa membuat 10 kulit ketupat, artinya jika memproduksi 1.000 ketupat uang yang dibutuhkan hanya sekitar Rp100.000, jadi keuntungan yang didapat oleh pedagang bisa sebesar Rp900.000 per hari.

Bahkan harga tersebut bisa didapatkan lebih murah. Sebab ada beberapa penjual janur yang memiliki kedekatan dengan dirinya sehingga bisa mendapatkan harga lebih murah.

"Ada banyak yang jual. Bisa lebih murah sekitar bisa cuma Rp800 saja," ucapnya

Jika melihat keuntungan tersebut, maka sangat wajar jika banyak penjual ketupat dadakan yang menjajakan dagangannya. Sebab keuntungan yang didapat cukup besar dan menjanjikan sehingga banyak yang sengaja menjual kulit ketupat saat menjelang lebaran.

"Memang gede makannya banyak yang jualan. Saya memang setiap tahun jualan ini," jelasnya.

Sementara itu, pedagang lainnya di Pasar Pal Merah bernama Dayat mengamini hal tersebut. Menurutnya, menjual kulit ketupat saat lebaran lebih menguntungkan dan juga pasti.

"Keuntungannya ya sekitar segitu (Rp900.000 per hari). Karena setiap lebaran pasti ketupat itu butuh. Kalau rajin dapat lah segitu," ucapnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini