nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas Macet, Menhub Imbau Pemudik Jangan Balik 19-20 Juni

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 16 320 1910905 awas-macet-menhub-imbau-pemudik-jangan-balik-19-20-juni-hJhA1ehZJB.jpg Foto: Dok.Jasa Marga

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau, agar masyarakat memperhitungkan waktu kepulangan mudik. Sehingga tidak saat puncak arus balik yakni pada 19-20 Juni 2018.

Menurutnya saat itu, kemacetan akan terjadi sehingga baik bagi masyarakat untuk menhindari tanggal tersebut.

"Awas lho.. 19-20 Juni itu macet. Itu jadi satu usulan (kepada masyrakat)," ujarnya saat ditemui dalam acara open house di rumah dinas Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Penambahan Rest Area, Salah Satu Cara Kemenhub Antisipasi Padatnya Arus Balik Lebaran

Tak hanya itu, dia juga meminta masyarakat untuk menggunakan alternatif jalan, tak hanya melalui jalur tol utama. Diharapkan pemudik bisa melewati jalur tol fungsional yang kini bias digunakan untuk kebutuhan mudik.

Penambahan Rest Area, Salah Satu Cara Kemenhub Antisipasi Padatnya Arus Balik Lebaran

"Selain itu, kalau dimungkinkan naik bis saja. Karena kan bis itu banyak (menampung penumpang), kemudian tidak menghabiskan banyak tempat (badan jalan) dibandingkan banyaknya kendaraan-kendaraan kecil," jelasnya.

Menurutnya, hingga hari ini arus balik sudah terjadi namun frekuensinya masih kecil. "Tadinya diproyeksikan hari kedua udah mulai (arus balik), tapi ternyata masih arus mudik. Ini di luar prediksi," katanya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini