nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Dagang AS-China Memanas, IHSG Ikut Tertekan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 11:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 20 278 1911847 perang-dagang-as-china-memanas-ihsg-ikut-tertekan-A9h9iCMxd2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang memanas turut berdampak kepada bursa saham Indonesia. Pada pembukaan perdagangan usai libur Lebaran, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau merosot cukup dalam dengan turun 51,83 poin atau 0,86% ke 5.941,79 dari penutupan perdagangan sebelumnya di level 5.993,62.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji menjelaskan, faktor eksternal sangat mendominasi pemicu pelemahan IHSG. Sentimen utamanya adalah tensi yang meningkat di antara AS dengan China terkait dengan penerapan kenaikan bea impor.

Sebagaimana diketahui, Presiden AS Donald Trump mengumumkan pengenaan tarif impor hingga 25% atas produk China yang bernilai USD50 miliar.

Ketetapan tersebut akan berlaku pada 6 Juli atas 800 produk China.

Sebaliknya, Negara Tirai Bambu tidak tinggal diam. China menyatakan akan akan membalas dengan memberlakukan bea impor atas 659 produk AS senilai USD50 miliar.

"Kebijakan penerapan kenaikan bea impor berakibat pada sentimen perang dagang," kata dia kepada Okezone.

Selain sentimen perang dagang, pasar juga cukup tertekan dengan rencana Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) untuk menaikkan suku bunga.

Sebelumnya The Fed sudah menaikkan suku bunga sebesar 25 bps dan akan melanjutkan penerapan kenaikan suku bunga ke depannya sebanyak dua kali pada tahun ini.

"Hal ini menyebabkan posisi rupiah terdepresiasi terhadap Dolar AS," imbuh Nafan.

Di samping dua faktor tersebut, koreksi harga komoditas dunia turut menyebabkan posisi IHSG tertekan.

Adapun pada pembukaan perdagangan pagi ini, ada 65 saham menguat, 150 saham melemah, dan 88 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp1,35 triliun dari 630,16 juta lembar saham diperdagangkan.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini