nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengoperasian Kereta Tidur hingga Sanksi untuk PNS Bolos

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 24 Juni 2018 09:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 23 320 1913129 pengoperasian-kereta-tidur-hingga-sanksi-untuk-pns-bolos-T21wkGIqyi.jpg Foto: Kereta sleeper (Okezone)

JAKARTA - Kereta Sleeper alias Kereta Tidur telah resmi beroperasi terhitung mulai tanggal 12 Juni 2018 lalu. Tiket kereta yang masuk dalam rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Semarang Tawang- Surabaya Pasar Turi (PP) ini dijual dengan harga Rp900.000.

Sementara itu, ada PT Mass Rapid Transit (MRT) yang dikritik karena melakukan kerja sama dengan ojek online. Sebab, ojek online hanya melayani firstmile dan lastmile, karena pengemudi ojek online mengantar pelanggan dari rumah menuju stasiun maupun sebaliknya Pemerintah menyiapkan Sanksi kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bolos kerja pasca cuti Lebaran 2018. Namun dalam pemberian sanksinya, ada mekanisme tersendiri yang sudah disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama akhir pekan kemarin di kanal Okezone Finance. Berikut berita selengkapnya:

Besok Kereta Tidur Beroperasi, Intip Fasilitas Mewah hingga Harga Tiketnya

PT KAI (Persero) meluncurkan kereta api super mewah untuk melayani pemudik yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halaman. Kereta kelas luxury jenis sleeper itu akan melayani pengguna jasa KA di rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP).

Kereta ini dipesan PT KAI dari PT Inka (Persero) dan telah diuji coba sebelum diserahterimakan ke PT KAI pada 8 Juni 2018. Kereta dengan fasilitas serba mewah tersebut akan memulai tugas perdananya melayani pengguna jasa KA pada 12 Juni 2018.

Harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru ini dibanderol Rp900.000 per orang. Tarif ini merupakan harga promo yang berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket melalui berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai 11 Juni 2018.

Layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat dapat dinikmati pengguna jasa kereta sleeper selama perjalanan. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inci dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia private per penumpang per kursi.

"Dalam satu kereta sleeper, hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Suprapto, Senin (11/6/2018).

Untuk menikmati layanan ini, penumpang harus merogoh kocek cukup dalam. Tarif normal luxury class pada KA Argo Bromo Anggrek ini berada pada rentang tarif batas bawah tarif batas atas sebagai berikut :

1. Jarak 0 - 445 Km: Rp700.000 - Rp1.900.000

2. Jarak di atas 445 Km: Rp750.000 - Rp2.000.000

"Diharapkan dengan adanya kehadiran kereta sleeper ini, bisa meningkatkan animo kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang yang saat ini sedang giat-giatnya menata potensi wisata, seperti wisata Kota Lama," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, kereta api dengan beragam fasilitas itu sebagai bentuk inovasi untuk melayani konsumen.

"Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari PT KAI untuk meningkatkan layanan. Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya," lugasnya.

Kerjasama MRT dan Ojek Online Dinilai Salah, Ini Penjelasanya

 

 Melihat Lebih Dekat Pembangunan Infrastruktur MRT yang Telah Capai  92,50%

Kerjasama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dengan dua ojek online merupakan tindakan salah kaprah. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi massal, MRT harus mengevaluasi kerja sama tersebut.

Apalagi ojek online hanya melayani firstmile dan lastmile, karena pengemudi ojek online mengantar pelanggan dari rumah menuju stasiun maupun sebaliknya.

Wakil Kepala Dinas Per hubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menilai, seharusnya PT MRT berkoordinasi terlebih da hulu dengan Dinas Perhubungan sebagai regulator sehingga kerja sama yang dilakukan tidak salah kaprah. Apabila ingin bekerja sama dalam bidang payment atau tiket pembayaran semestinya MRT mengintegrasikan tiket dengan moda transportasi umum lainnya yang kini sedang digarap Bank Indonesia (BI).

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, membangun kerja sama dan kemitraan dengan berbagai pihak merupakan kunci mewujudkan pelayanan transportasi yang aman, nyaman, dan andal bagi masyarakat. Kemitraan itu harus berlandaskan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat bukan lagi kompetisi bisnis.

Begini Mekanisme Pemberian Sanksi kepada PNS yang Bolos

Pemerintah akan memberikan hukuman tegas terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara yang terbukti membolos pada tanggal 20 Juni 2018. Sanksi yang disiapkan dari mulai teguran lisan hingga pemberhentian secara tidak hormat sebagai PNS.

Kepala Biro Humas, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenoan-RB) Herman Suryatman mengatakan, hukuman atau sanksi tersebut diserahkan kepada masing-masing instansi. Pasalnya, hukuman atau sanksi tersebut hanya bersifat harian bukan kumulatif dihitung secara tahunan.

"Teknis pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing Pejabat Pembinaan Kepegawaian," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (20/6/2018).

Hal tersebut berbeda dengan penjatuhan sanksi bagi pegawai yang terbukti melakukan bolos kerja secara berturut-turut. Karena untuk pemberian Sanksi terhadap pegawai tersebut, Kemenpan-RB akan menggelar rapat forum dengan berbagai instansi terkait termasuk di dalamnya BKN untuk menentukan hukuman kepada pegawai tersebut.

Adapun data pegawai yang melakukan bolos secara berturut-turut tersebut didapatkan melalui evaluasi tahunan yang digelar oleh Kemenpan RB dengan mengumpulkan seluruh instansi. Pada rapat tersebut, masing-masing instansi dimintai laporan absen dari masing-masing pegawai untuk menjadi bahan evaluasi.

Setelah itu, data tersebut diproses kepada Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek) untuk ditindak lanjuti sesuai laporan yang masuk. Setelah itu jika dirasa Sanksi yang dijatuhkan sudah terlampau berat maka Kemenpan RB bersama BKN harus menggelar rapat untuk menentukan hukumannya.

"Jadi nanti sanksinya kumulatif secara tahunan," ucapnya.

Herman menambahkan, selain sanksi tegas yang sudah diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS ada juga sanksi administrasi lainnya yang bisa dijatuhkan kepada PNS yang bolos pada hari pertama pasca cuti bersama. Adalah penurunan tunjangan yang siap diterima PNS jika berani bolos dini hari pertama pasca cuti bersama.

"Bagi pegawai yang tidak masuk kerja di hari pertama setelah cuti bersama dimungkinkan juga diberikan hukuman administrasi lainnya oleh Penilaian Prestasi Kerja (PPK) dengan tetap memperhatikan Peraturan Perundang-undangan. Misal pemotongan tunjangan kinerja dan lain-lain," jelasnya.

(ulf)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini