nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Muda Hobi Musik, Berani Coba Bisnis Rental Studio?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 06:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 24 320 1913362 anak-muda-hobi-musik-berani-coba-bisnis-rental-studio-LJGrPb5dwy.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Bagi penggemar musik, dunia tanpa musik adalah sepi. Perkembangan musik Indonesia saat ini, khususnya dilihat dari komunitas anak-anak muda amat cerah.

Banyak anak muda yang hobi bermain band/musik, mulai dari yang sekadar hobi, iseng, bahkan ada yang serius berkarier dalam bidang ini. Mereka tentulah membutuhkan sebuah studio musik untuk melakukan rekaman atas karya-karya mereka.

Peluang ini dapat membawa angin segar bagi bisnis rental studio musik sebagai tempat rekaman maupun latihan sebelum manggung di hadapan penonton. Bisnis ini juga dapat menjadi sebuah pemasukan yang cukup besar dengan adanya anak-anak yang membutuhkan penyewaan studio musik. Pangsa pasamya cukup luas.

Selama musik masih ada dan dibutuhkan oleh masyarakat sebagai hiburan, maka industri di bidang musik tetap tumbuh dengan subur. Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan pasar akan musik dibutuhkan karya-karya yang kesemuanya membutuhkan dapur rekaman.

 Intip Pembuatan Gitar Kualitas Profesional di Desa Sumberjo Kediri

Berikut cara memulai bisnis studio musik seperti dilansir buku 10 Bisnis Paling Prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila:

Persiapan menjalankan bisnis

1. Memiliki rasa senang terhadap musik dan mengetahui dengan baik setiap peralatan band.

2. Menyiapkan ruangan untuk studio. Semakin besar semakin baik, minimal berukuran 4 x 4 meter.

3. Desain ruangan tersebut memakai alat peredam suara berupa karpet pada seluruh dindingnya, tak terkecuali pintu.

4. Siapkan kuota listrik yang memadai karena akan menyedot listrik dalam jumlah yang besar.

5. Tentu saja yang terpenting adalah peralatan yang dibutuhkan oleh sebuah studio musik, seperti drum, stick, gitar rhythm elektrik, gitar bass elektrik, microphone, sound system, dan sebagainya.

6. Tentukan target pasar yang jelas, sehingga dapat menentukan kualitas jenis atau kualitas instrumen yang berimbas pada tarif atau biaya per jam

 Kongkow Bareng Grup Musik Soulvibe

Tips menjalankan bisnis ini

1. Jika modal Anda tidak cukup untuk membeli semua peralatan dalam keadaan baru, maka belilah barang second tapi masih berkualitas bagus. Anda dapat mencarinya di Internet.

2. Buatlah penataan ruangan akustik dan soundsystem yang bagus supaya hasil suara dari peralatan baik dan nyaman buat latihan.

3. Memasang AC dan kipas untuk kenyamanan suhu dalam ruangan. Ruang sirkulasi yang kedap suara cenderung lebih panas karena proses sirkulasi udara terhambat.

4. Rawatlah selalu peralatan musik di studio Anda dengan baik. Biasanya sering ditemui para pemain band yang memainkan alat musik dengan kasar sehingga dapat menimbulkan kerusakan atau menurunnya kualitas. Jadi jangan segan-segan melakukan pengontrolan terhadap alat musik kepunyaan Anda.

5. Lakukan promosi sederhana dengan menggunakan spanduk ke beberapa sekolah/kampus di sekitar tempat usaha.

6. Buat aturan penyewaan musik. Ini harus dan penting.

7. Berikan pelayanan yang baik dan bersahabat. Sesuaikan tarif dengan kocek anak muda.

8. Jika ada kelebihan keuntungan, Anda dapat mengalokasikannya untuk melengkapi koleksi peralatan musik dengan peralatan terbaru yang digemari oleh pemain band.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini