Kemenhub Matangkan Layanan Inaported dan Deliver Order di 4 Pelabuhan

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 29 Juni 2018 11:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 29 320 1915592 kemenhub-matangkan-layanan-inaported-dan-deliver-order-di-4-pelabuhan-AGsr6xfpBr.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah mematangkan layanan kapal dan barang berbasis online atau Inaported 2.0. Selain itu, telah dibuatkan juga delivery order (DO) online di 4 pelabuhan dan 1 pelabuhan kelas 1.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, layanan Inaported merupakan pengembangan dari yang lama, di mana sebelumnya hanya khusus untuk kapal. Sekarang layanan ini sudah bisa untuk barang dan sebagainya.

Masih Sepi, Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa 

Kemudian untuk deliver online, layanan ini baru bisa digunakan di 4 pelabuhan, yakni Belawan, Tanjung Mas, Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Dengan ini kita berhasil melakukan efisiensi biaya, waktu dan jumlah orang. Layanan bisa lebih cepat, paling penting bisa memastikan barang di mana dan bagaimana," ujarnya, di Hotel Mandarin, Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Masih Sepi, Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Sunda Kelapa 

Menurutnya, langkah baik ini akan segera dikoordinasikan dengan pelaku terkait. Dengan tetap menerima masukan apapun supaya layanan pelabuhan bisa lebih efektif dan efisien.

"Yang dulu kan enggak maksimal, kemarin dilakukan hanya di kapalnya saja. Sekarang barang sudah. Tapi kita juga terima masukan apapun," tuturnya.

 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini