nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Jitu Atasi Bokek Pasca-Lebaran

Agregasi Sabtu 30 Juni 2018 21:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 30 320 1916125 3-cara-jitu-atasi-bokek-pasca-lebaran-rGSvp4nK9Y.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Banyak orang yang habis-habisan dalam mempersiapkan bulan Ramadan dan Lebaran, menghabiskan gaji, menghabiskan THR, hingga uang kas habis tak bersisa. Akibatnya setelah Lebaran usai dan rutinitas harian kembali dimulai, beberapa permasalahan keuangan bermunculan. Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika pada saat ini, kamu mengalami keuangan bokek pasca Lebaran? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Tunda pengeluaran yang tidak diperlukan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menunda pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting selama mungkin. Jika kamu merasa butuh mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya masih bisa ditunda, atau hal tersebut memang tidak terlalu penting atau tidak begitu diperlukan, sebaiknya tunda dulu pengeluaran tersebut.

Fokuslah untuk mempertahankan sisa uang kas yang kamu miliki saat ini selama mungkin, paling tidak hingga ada pemasukan lagi. Alokasikan sisa kas yang kamu punya tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama hingga tuntas.

Gaya Hidup Mendukung Masyarakat Belanja Hemat dan Cermat 

Jual atau gadaikan aset tak terpakai

Hal yang kedua, pertimbangkan untuk menjual atau menggadaikan asetmu yang tidak terpakai. Misalnya kamu punya emas atau perhiasan yang tidak digunakan, kamu bisa gadaikan barang tersebut. Cek kembali juga barang-barang yang kamu punya, kalau kamu punya handphone atau tablet yang sudah tak terpakai lagi, daripada disimpan hingga harga jual kembalinya terus turun, kamu bisa jual barang tersebut.

Begitu pula dengan pakaian, buku-buku, atau barang lainnya yang kira-kira masih layak untuk dijual. Manfaatkan semua barang yang kamu miliki dan dapatkan uang kas dari sana. Meski tak seberapa, hasil penjualan barang tersebut bisa memberimu kas tambahan yang bermanfaat sebagai amunisi untuk bertahan hidup hingga gajian berikutnya.

 Gaya Hidup Mendukung Masyarakat Belanja Hemat dan Cermat

Manfaatkan fasilitas kredit

Hal ketiga, tak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas kredit, misalnya seperti kartu kredit, atau kredit tanpa kartu kredit. Jika kamu perlu membeli barang di toko dan mereka menerima pembayaran menggunakan fasilitas kredit sementara uang kas yang kamu miliki saat ini terbatas, manfaatkan dulu fasilitas kredit tersebut. Hal ini lebih disarankan daripada harus menggunakan sisa uang kas kamu.

Simpan sisa uangmu dengan baik, dan alokasikan dana tersebut untuk kebutuhan yang lebih mendesak misalnya bayar uang sekolah anak, atau bayar utang. Buat kamu yang belum punya kartu kredit, bisa saja coba untuk mengajukannya ke salah satu bank penerbit.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini