nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNI Siap Pertimbangkan DP Rumah 0%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 20:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 30 470 1916140 bni-siap-pertimbangkan-dp-rumah-0-RKEcemAXyw.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (BNI) menyatakan siap untuk memberikan uang muka atau Down Payment (DP) pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar 0% pada pembelian rumah pertama. Hal ini dengan memperhatikan tingkat permintaan dan risiko yang ada.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) melonggarkan syarat uang muka KPR dengan rileksasi kebijakan maksimum nilai kredit atau Loan To Value (LTV). Di mana untuk pembelian rumah pertama rasio LTV dibebaskan pada perbankan.

Suplai Apartemen di Jakarta Meningkat dalam Setahun Terakhir 

Dengan demikian, perbankan bisa memberikan syarat uang muka menurut perhitungannya, bahkan kemungkinan uang muka 0%.

"Kalau seandainya permintaan dari propertinya bagus kita berani kasih DP 0%," ujar Direktur Utama BNI Achmad Baiquni ditemui dalam acara halalbihalal Menteri BUMN Rini Soemarno, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Dia menjelaskan, selain permintaan KPR, perusahaan akan melihat risiko dari debitur untuk memberlakukan uang muka 0%.

Suplai Apartemen di Jakarta Meningkat dalam Setahun Terakhir 

"Kita berani untuk kenakan tanpa DP untuk rumah pertama, tapi ya liat kondisinya seperti apa. Case by case. Tapi rumah pertama sih rasanya saya berani ya," ungkapnya.

Dengan kebijakan relaksasi LTV, diharapkan bisa mendorong pertumbuhan sektor properti yang dalam beberapa tahun terakhir tengah lesu.

"Sekarang ini kan memang agak seret ya pertumbuhan kreditnya (properti), tentunya dengan pelonggaran rumah pertama harapannya bisa mendongkrak," ungkapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini