nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inflasi Lebaran 2018 Rendah karena Daya Beli Lesu?

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 02 20 1916594 inflasi-lebaran-2018-rendah-karena-daya-beli-lesu-mrXhXj2ynu.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi Juni 2018 sebesar 0,59% atau lebih rendah dibandingkan inflasi selama Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Meski rendah, BPS meyakini bahwa daya beli ternyata tetap tinggi.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, capaian inflasi Lebaran tahun ini memang rendah tapi tidak begitu. Bisa dilihat dari sumbangan bahan pangan dan transportasi masing-masing sebesar 0,9% dan 0,15%.

"Itu kan lumayan bagus, permintaannya juga masih tinggi sekali. Kalau dia enggak punya uang, dia enggak bisa, ya enggak akan setinggi itu," tuturnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (2/7/2018).

 

Oleh karena itu, Kecuk meyakini bahwa daya beli selama Lebaran masih bagus. Hanya saja memang jika membedakan dengan inflasi Lebaran tahun lalu, bahan pangan sekarang terjaga dan stabil.

"Antisipasi pemerintah dan berbagai kebijakan BI sangat membantu. Kita menduga daging beku akan naik harganya makanya kita impor jauh-jauh hari, itu pun terlihat dari angka impor. Beras juga terjaga, saya kira komoditas terjamin," katanya.

 

Menurut Kecuk, sebenarnya besarnya inflasi bukan lagi karena bahan pangan. Besarnya inflasi menurut kelompok pengeluaran terbesar didorong oleh transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,20%.

"Panjangnya libur Lebaran dan ritual pulang kampung membuat penggunaan transportasi meningkat. BPS mencatat layanan transportasi meningkat pada angkutan udara," jelasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini