nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Tol JORR, Integrasi Pembayaran Tol Akan Diperluas

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 19:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 02 320 1916836 usai-tol-jorr-integrasi-pembayaran-tol-akan-diperluas-Q8IkD85hkr.jpeg Integrasi jalan tol (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Usai menerapkan integrasi pembayaran di jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) pemerintah tengah mengkaji penerapan integrasi pembayaran di ruas tol lain. Upaya itu dimaksudkan untuk mengurangi ongkos transportasi sehingga akhirnya dapat mengurangi beban logistik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ menuturkan, pihaknya telah mengkaji beberapa tol yang akan diintegrasikan pembayarannya. Tol tersebut merupakan tol Trans Jawa dan Tol di luar Pulau Jawa.

Kemacetan Panjang Tol JORR 

Adapun tol yang dikaji untuk diterapkan integrasi pembayaran selanjutnya adalah Tol Surabaya. Dengan pertimbangan, sistem pembayaran di tol tersebut masih cukup rumit sehingga perlu disederhanakan.

"Di kotanya sendiri kan di situ ada kombinasi Tol Surabaya-Mojokerto yang penggal pertama mungkin, Tanjung Perak, Gempol, itu dijadiin sistemnya lebih efisien," ujar Herry dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9, di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Kemacetan Panjang Tol JORR 

Sementara untuk integrasi pembayaran tol di luar Pulau Jawa, akan dikaji penerapannya di Tol Makassar Seksi IV dan Tol Ujung Pandang. Sebab, pada dua tol tersebut masih ditemukan duplikasi transaksi.

"Sudah di sini masuk lagi bayar lagi. Itu yang kita coba hilangkan satu demi satu," jelas Herry.

Integrasi tersebut diharapkan dapat mulai diterapkan pada tahun ini. Adapun dalam jangka panjang, Herry mengatakan, pemerintah berupaya agar pembayaran seluruh ruas tol dapat terintegrasi.

"Kalau yang dulu kan masih bangun gardu gerbang di tengah. Hari ini sudah enggak ada. yang masih sempat kita batalkan, kita batalkan kayak Tol Jombang-Kertosono masih ada tapi tidak dipakai. Nanti pada waktunya kita hilangkan," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini