nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asing Minati Tender Penyedia Transaksi Non-Tunai Tanpa Henti di Tol

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 21:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 02 320 1916885 asing-minati-tender-penyedia-transaksi-non-tunai-tanpa-henti-di-tol-bfnH7jQNy0.jpg Jalan tol. Foto: Okezone

JAKARTA - Proyek sistem pembayaran non-tunai tanpa henti di jalan tol atau multi lane free flow (MLFF) diminati badan usaha domestik hingga asing. Pemerintah pun tengah menyiapkan dokumen untuk lelang proyek tersebut.

"Ada (badan usaha) luar banyak, tergantung teknologinya. Banyak yang datang dan pergi," ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9, di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Antrean Kendaraan Memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama pada Arus Balik Gelombang II 

Herry menjelaskan, bahwa pihaknya siap untuk melakukan lelang tahun tahun ini. Asalkan, dokumen lelang sudah siap. Setelah dokumen siap, maka proses selanjutnya adalah tahapan pelelangan untuk menemukan badan usaha yang akan mengerjakan proyek.

"Badan usaha lalu menyiapkan Infrastrukturnya baru nanti kita laksanakan," kata Herry.

Pemberlakuan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta 

Adapun sistem pembayaran non-tunai tanpa henti di jalan tol ini merupakan tahap lanjutan dari sistem pembayaran terintegrasi. Saat ini, pemerintah sudah mulai melakukan integrasi pembayaran di beberapa luas jalan tol, dengan target seluruh jalan tol di Indonesia dapat terintegrasi pembayarannya.

"Nanti ketika ini selesai, multi lane free flow nya masuk tinggal jalan aja," kata dia.

Untuk diketahui, ketika sistem pembayaran non-tunai tanpa henti di jalan tol diberlakukan maka tidak lagi menggunakan pembayaran non tunai, namun akan menggunakan alat sensor.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini