nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag : Inflasi Lebaran 2018 Terendah dalam 5 Tahun

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 05 Juli 2018 15:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 05 20 1918349 mendag-inflasi-lebaran-2018-terendah-dalam-5-tahun-85rlI9DdWa.jpg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto (Wahyudi/Okezone)

MEDAN - Badan Pusat Statistik mencatat tingkat pergerakan harga (inflasi) nasional pada Juni tahun 2018, atau pada pelaksanaan lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah lalu, sekira 0,59%. Meningkat dibandingkan inflasi Mei 2018 yang hanya 0,21%.

Meski begitu inflasi yang terjadi pada lebaran kali ini, tercatat sebagai inflasi terendah dibandingkan inflasi lebaran lima tahun terakhir.

Mendag Enggartiasto Lukita Ingat 3 Tugas dari Presiden Jokowi 

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggarliasto Lukita mengatakan, rendahnya inflasi pada lebaran kali ini didorong oleh kestabilan harga di pasar sepanjang Ramadan. Kondisi itu salah satunya terwujud akibat kesuksesan satuan tugas (satgas) pangan yang dibentuk pemerintah.

"Memang ada peningkatan inflasi. Tapi terbilang rendah karena di saat bersamaan, terjadi kenaikan permintaan yang cukup signifikan," kata Enggar di Medan, Kamis (5/7/2018).

Mendag Enggartiasto Lukita Ingat 3 Tugas dari Presiden Jokowi 

Enggar menyebutkan, kestabilan harga pada Lebaran lalu juga didorong oleh ketersediaan pasokan bahan pangan yang cukup. Hal itu merupakan hasil dari upaya antisipasi gangguan pasokan yang sudah dilakukan jauh hari sebelum Ramadan dan Lebaran.

"Kami telah memastikan pasokan pangan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat. Kami optimis laju inflasi Indonesia hingga akhir tahun bisa dipertahankan dalam kisaran sasaran 3,5%±1%. Koordinasi akan terus dilakukan, baik BI, pemerintah, satgas pangan dan pemangku kepentingan lainnya," pungkas Enggar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini